PT Solid Gold SMG-Ekspor Jepang meningkat tajam angka tertingginya dalam tujuh bulan terakhir pada bulan September lalu, mendukung rebound dalam perekonomian seiring Perdana Menteri Shinzo Abe akan meningkatkan penjualan pajak lainnya.

Pengiriman ke luar negeri naik sebesar 6,9 persen dari tahun sebelumnya, kata kementerian keuangan di Tokyo pagi ini, dibandingkan dengan estimasi ekonom yang memperkirakan peningkatan sebesar 6,5 persen dalam survei Bloomberg News. Impor tumbuh sebesar 6,2 persen, mengurangi defisit perdagangan sebesar 958.3 triliun yen($9 miliar).

Ekspor yang lebih kuat akan mendukung perekonomian yang menyusut tajam dalam lebih dari lima tahun terakhir pasca Abe menaikkan pajak penjualan pada bulan April lalu untuk pertama kalinya sejak tahun 1997 lalu. Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda telah mengisyaratkan dukungannya untuk menurunkan yen, Kuroda mengatakan mata uang yang lemah sejalan dengan target pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Yen anjlok sebesar 8,3 persen terhadap dolar selama tahun lalu dan mencatat penurunan terbesar bulanan pada bulan September sejak Januari 2013 lalu. Yen Jepang berada di level 107,05 per dolar pukul 09:07 pagi di Tokyo. Indeks Topix dari saham naik 2,2 persen. (izr)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer