Emas berjangka catat penurunan di New York karena ekuitas AS diperdagangkan mendekati rekor tertinggi, sehingga memangkas permintaan terhadap logam sebagai aset alternatif.

Indeks ekuitas Standard & Poor 500 dari naik ke rekornya kemarin. Sementara hari ini saham AS berfluktuasi, karena laporan menunjukkan jumlah warga AS yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran naik pekan lalu ke level tertinggi sejak awal September dan pesanan untuk peralatan bisnis AS secara tak terduga turun pada bulan Oktober lalu.

Emas, yang catat penurunan 9,4 persen sejak akhir Juni lalu di tengah bursa saham yang naik dan mata uang dolar yang menguat, sehingga diperdagangkan stagnan sepanjang hari ini. Sementara laporan ekonomi mungkin dapat membantu kemudahan terhadap kekhawatiran bahwa Federal Reserve akan segera menaikkan tingkat suku bunga, kata David Meger, direktur perdagangan logam di Vision Financial Markets.

Emas berjangka untuk pengiriman Februari turun kurang dari 0,1 persen ke level $ 1,197.50 per ounce pada pukul 1:48 siang di Comex New York, merupakan penurunan kedua dalam tiga hari terakhir. (vck)

Sumber: Bloomberg