PT.SolidGoldSemarang~Saham Asia melemah untuk kedelapan kalinya dalam 9 hari terakhir, menyusul aksi jual baru dalam ekuitas AS seiring perusahaan material memimpin penurunan.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 1,5 % ke level 120,97 pada pukul 09:11 pagi waktu Tokyo. Saham material yang mengalami kinerja terburuk di kawasan tersebut pada tahun ini, merosot 1,8 %. Aksi jual di saham AS pada tahun 2016 hari Rabu alami peningkatan, dengan Indeks Dow Jones Industrial Average jatuh lebih dari 360 poin. Saham China turun ke level terendah sejak merosot tajam pada tahun lalu di akhir hari aksi jual seiring rebound secara tak terduga dalam sektor ekspor dan upaya pemerintah untuk menstabilkan mata uang yuan gagal untuk meredakan kekhawatiran investor tentang ekonomi dunia terbesar kedua.

Indeks MSCI Asia Pacific kemarin naik 1,7 %, gain terbesar dalam hampir sebulan terakhir dan ekuitas Eropa juga menguat. Saham AS gagal untuk rally, di mana aksi jual saham konsumen dan teknologi mengirim Indeks Standard & Poor 500 ke level 3 bulan terendah. Perusahaan kecil yang diperdagangkan pada Indeks Russell 2000 ditutup di fase bearish, melemah 3,3 % menuju level terendah sejak 2013 lalu dan anjlok 22 % dari rekornya di bulan Juni. Kontrak E-mini berjangka pada Indeks S&P 500 naik 0,1 %, Kamis.

Indeks Topix Jepang merosot 2,9 % setelah kemarin melonjak 2,9 %. Indeks Kospi Korea Selatan turun 1,3 %. Indeks Australia S&P / ASX 200 jatuh 1,5 %, mengirim penurunan dari rekornya di bulan April hingga 18 %. Indeks S&P / Indeks NZX 50 Selandia Baru menurun 1 %. (knc)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer