PT.SolidGoldSemarang~Emas akhiri penguatan terpanjangnya dalam hampir tiga bulan terakhir seiring meredanya kecemasan atas China tentang devaluasi mata uangnya.

Saham global rebound dan mulai surutnya permintaan atas aset safe haven termasuk obligasi dan logam mulia, pasca Bank Rakyat China (PBOC) meredam kekhawatiran meluasnya perang mata uang dengan mendukung yuan secara verbal. Bullion naik dalam lima hari terakhir.

Emas sering digunakan sebagai aset alternatif nilai lindung dan cenderung naik ketika mata uang melemah. Logam memperdalam kerugiannya pada hari Kamis karena dolar memperpanjang kenaikannya di tengah meningkatnya ekspektasi bahwa meningkatkan pertumbuhan ekonomi akan mendorong Federal Reserve untuk segera meningkatkan suku bunga tahun ini. Penjualan ritel AS naik pada bulan Juli, dan klaim pengangguran yang melayang mendekati empat dekade terendah, menurut rilis data pemerintah.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember turun sebesar 0,7 persen untuk menetap di level $1,115.60 per ons pukul 1:52 di Comex di New York, penurunan terbesar sejak 24 Juli. (izr)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer