PT.SolidGoldSemarang~ Emas dekati level 4 bulan tertingginya menjelang pertemuan ECB (European Central Bank) guna membahas penetapan stimulus baru seiring kepemilikan pada produk yang diperdagangkan di bursa meningkat tajam sejak 2010 silam.

Bullion untuk pengiriman segera naik setidaknya 0.2% dan turun 0.3% di level $1,277.11 per ounce pukul 9:05 pagi waktu Singapura, menurut harga dari Bloomberg. Emas pagi ini sempat naik ke level $1,283 yang merupakan level tertinggi sejak 2 Septemebr tahun lalu, sehingga memperpanjang gain mingguan tertingginya sejak Agustus 2013 lalu setelah langkah yang mengejutkan pada 15 Januari lalu dari Swiss terkait pergerakan mata uangnya yang mengguncang market dan mendorong permintaan aset safe haven seperti emas.

Reli emas telah mengantarkan indeks pergerakan kenaikan logam selama 14 hari terakhir diatas level 70 yang memberikan sinyal bagi beberapa investor bahwa harga diperkirakan akan berbalik. SNB (Swiss National Bank) mengakhiri batas tukar mata uang franc terhadap euro menjelang pertemuan pada 22 Januari mendatang yang diperkirakan bahwa ECB akan mengumumkan pembelian aset setelah Yunani mempersiapkan pemilu pada 25 Januari mendatang. Sementara aset di SPDR Gold Trust naik 1.9% menjadi 730.89 metrik ton pada 16 Januari lalu, angka itu merupakan kenaikan tertinggi sejak Mei 2010 silam. (bgs)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer