Emas jatuh untuk hari ketiga untuk menuju penurunan mingguan pertama dalam sebulan terkahir seiring minyak mentah berada di level terendah dalam empat tahun meningkatkan prospek harga konsumen, mengurangi permintaan untuk nilai lindung inflasi.

Bullion untuk pengiriman segera turun sebanyak 0,4% menjadi $ 1,187.40 per ons, dan diperdagangkan di level $ 1,187.70 pada 08:38 pagi di Singapura setelah jatuh ke terendah sepekan dari level $ 1,185.82 kemari. Logam ini 1,1% lebih rendah pada minggu ini, memperpanjang penurunan dari level tertinggi tiga minggu menjadi $ 1,207.93 pada 21 November, jelang voting emas di Swiss.

Emas menuju penurunan tahunan kedua dikarenakan Federal Reserve bergerak untuk meningkatkan biaya pinjaman pada saat bank sentral di seluruh dunia menambah stimulusnya. Harga minyak mentah merosot ke level terendah sejak 2010 karena OPEC tidak mengambil tindakan untuk menurunkan kelebihan pasokan. Swiss memegang referendum nasional pada 30 November yang akan diperlukan bank sentral untuk menahan sebagian aset tetap pada bullion.(yds)

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer