Solid Gold SMG- Emaelar penurunan dari level tertingginya dalam dua pekan terakhir pasca dolar menguat dan harga energi turun, membatasi permintaan untuk logam sebagai investasi. Perak, platinum dan paladium menurun.

Bullion untuk pengiriman segera ditransaksikan pada level $1,184.72 per ons pada pukul 9:12 pagi di Singapura dari level $1,186.57 kemarin, harga generik Bloomberg menunjukkan. Logam kemarin naik ke level $1,194.38, harga tertinggi sejak 31 Oktober lalu, sebelum menghapus keuntungan berakhir 0,2 persen lebih rendah.

Emas menuju kerugian tahunan untuk pertama berturut-turut sejak tahun 2000 lalu seiring Federal Reserve sedang mengkaji waktu kenaikan suku bunga sementara bank sentral lainnya mengambil langkah-langkah untuk memacu pertumbuhan, penguatan dolar. Indeks Spot Dolar Bloomberg ditransaksikan di dekat level lima tahun tertingg karena euro melemah pasca Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan bahwa para pembuat kebijakan dapat menggunakan pembelian obligasi untuk merangsang ekonomi.

Di Jepang, Perdana Menteri Shinzo Abe dapat menunda kenaikan pajak penjualan, menambah stimulus dan mempercepat pemilu pasca rilis data kemarin menunjukkan ekonomi jatuh ke dalam resesi, mengirimkan yen ke level terendahnya dalam tujuh tahun terakhir terhadap greenback. Bank of Japan (BOJ) akan melakukan pertemuan guna membahas kebijakan pekan ini seiring the Fed akan merilis risalah pertemuan pada 28-29 Oktober lalu, ketika itu The Fed mengakhiri program pembelian aset sesuai jadwal. (izr)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer