PT.SolidGoldSemarang~Emas tergelincir pada Selasa karena penguatan dolar menjelang pertemuan The Fed, sementara krisis Yunani gagal memicu permintaan berkelanjutan untuk aset safe haven.

Spot emas turun 0,7% menjadi $ 1,178.06 per ons pada 14.19 waktu New York, sementara emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus turun $ 8,20 per ons pada level $ 1,177.60.

Bullion tidak membuat banyak kemajuan dalam beberapa bulan terakhir karena ketidakpastian atas waktu kenaikan suku bunga acuan, yang akan mengurangi permintaan untuk aset pembayaran non suku bunga.

Sementara data AS pada Selasa menunjukkan penurunan pada penjualan perumahan di bulan Mei, namun lonjakan untuk perizinan pembangunan menuju ke level tertinggi dalam hampir delapan tahun terakhir, ini menunjukkan penurunan akan bersifat sementara.

Ekuitas Eropa jatuh terakit kekhawatiran mengenai Yunani, dengan Athena dan kreditur pasca kebuntuan terbaru.

Dana bullion yang diperdagangkan di bursa, untuk aset di atas dana SPDR Gold Trust jatuh 0,3% menjadi 701,9 ton pada hari Senin, level terendah sejak 2008.

Pada perdagangan logam lainnya, perak turun 1,1% pada level $ 15,90 per ons, sementara paladium turun 0,1% menjadi $ 734,25.

Platinum turun 0,9% menjadi $ 1,076.75, menurut kajian dari level terendah enam tahun berda di level $ 1,072.50 yang dicapai pada hari Senin seiring serangkaian data ekuitas yang lemah serta lemahnya harga emas, ungkap seorang analis. (yds)

Sumber: Reuters
baca Disclaimer