PT.SolidGoldSemarang~ Emas tertahan mendekati level terendahnya dalam enam pekan terakhir pada hari Senin, tidak dapat rebound dari penurunan beruntun dalam tiga hari terakhir, akibat penguatan dolar terkait tanda-tanda stabilisasi dalam ekonomi AS, dan kekhawatiran Federal Reserve akan segera menaikkan suku bunga.

Spot emas berada di level $1,178.50 per ons 07:42waktu Singapura, tidak jauh level terendahnya dalam enam pekan terakhir di level $1,170.20 pada hari Jumat kemarin.

Emas ini telah merosot sekitar 2 persen dalam tiga sesi terakhir sejak The Fed mengisyaratkan pada hari Rabu melihat perlambatan ekonomi AS baru-baru tidak mempengaruhi kenaikan suku bunga pada tahun ini.

Penguatan ekonomi dapat mengurangi daya tarik emas sebagai safe haven, sementara kenaikan suku bunga bisa meredam permintaan bullion.

The Fed bisa segera menaikkan suku bunga setelah bulan Juni, dua atas gubernur bank sentral AS mengatakan pada hari Jumat, selama data ekonomi memperkuat seperti yang diharapkan dari suram kuartal pertama.

Tampilan yang bertentangan dengan pandangan banyak pedagang, berspekulasi di pasar suku bunga berjangka menyarankan mereka untuk menurunkan kenaikan suku bunga bulan Juni dan sekarang mengharapkan The Fed dapat menunggu sampai Desember untuk menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak tahun 2006 lalu.

Data yang dirilis pada hari Jumat lalu terus menunjukkan data ekonomi AS yang bervariasi. Indeks Sentimen konsumen naik tapi kinerja sektor manufaktur dan konstruksi melemah. (izr)

Sumber: Reuters
baca Disclaimer