SGB LAMPUNG – Minggu lalu, survei Kitco atas investor ritel menghasilkan 51% bullish, sementara sebagian besar professional pasar atau 45% berkata “bearish”. Kenyataannya, di sesi awal perdagangan hari Jumat, emas Comex bulan Agustus sempat turun $7.60 selama seminggu, tetapi keadaan ini berubah dramatis setelah data Non-Farm Payrolls keluar. Pada 11:30 a.m. EDT, emas bulan Agustus naik sebesar $26.20 atau 2.2% selama seminggu menjadi $1,242.90 per ons.

Minggu ini baik professional pasar maupun investor ritel dua-duanya “bullish” terhadap harga emas.

Dari 21 analis dan trader yang mengambil bagian di dalam survei bagi professional pasar yang diadakan oleh Kitco, 12 atau 57% berkata mereka “bullish” terhadap emas, 4 atau 19% “bearish” sementara 5 atau 24% netral

Faktor kunci yang kelihatannya mengubah sentimen diantara para professional Wall Street – yang telah terus berpandangan “bearish” selama beberapa minggu sebelumnya – adalah kenaikan nonfarm payrolls di bulan Mei yang jauh di bawah daripada yang diperkirakan sebesar 38.000 sebagaimana yang dilaporkan pada hari Jumat minggu lalu. Data ini hampir menghilangkan ekspektasi pasar untuk kenaikan tingkat bunga Federal Reserve bulan ini, setelah kekuatiran terhadap pengetatan moneter telah membebani metal kuning beberapa minggu belakangan ini.

Survei online dari Kitco terhadap investor ritel menerima 643 respon, dimana 326 atau 51% berkata mereka “bullish” terhadap emas minggu ini, sementara 234 atau 36% “bearish” dan 83, atau 13% netral.

Phil Flynn, analis pasar senior dari Price Futures Group adalah diantara professional pasar yang berpandangan emas akan mempertahankan momentum kenaikannya setelah laporan tenaga kerja AS yang mengecewakan.

“Angka pekerjaan sangat buruk sehingga kemungkinan kenaikan tingkat bunga di bulan Juni hilang samasekali,”kata Flynn. “the Fed tidak punya pilihan lain kecuali mempertahankan yang ada saat ini.”

http://vibiznews.com/2016/06/06/emas-minggu-lalu-dan-minggu-ini-12/