Solid Gold – Emas naik ke level tertinggi dalam dua pekan terakhir pada hari Kamis, memperpanjang kenaikan beruntun untuk hari kempat, seiring meningkat pembelian aset safe haven pasca ekuitas AS jatuh di tengah kekhawatiran atas laju pertumbuhan ekonomi.

Kenaikan Bullion selama empat hari terakhir menandai kenaikan beruntun terpanjang dalam tujuh bulan terakhir.

Pedagang mengutip berat short-covering untuk kenaikan emas, sehari pasca rilis risalah dari pertemuan kebijakan Federal Reserve AS terbaru mendorong investor untuk mendorong kembali harapan mereka untuk waktu kenaikan suku bunga The Fed.

Indeks S&P 500 turun hampir sebesar 2 persen terkait aksi profit taking pasca ekuitas acuan AS rally hampir sebesar 2 persen pada hari Rabu terkait berita the Fed. Merosotnya ekspor Jerman dan lambannya output industri ada juga memicu kekhawatiran atas laju pertumbuhan ekonomi.

Spot emas naik ke level tertinggi sejak 23 September lalu di level $1,233.20 per ons pada Kamis pagi dan diperdagangkan naik 0,3 persen pada level $1,225.10 pukul 14:13 di New York.

Emas rebound hampir 4 persen dari level 15-bulan terendahnya di $ level 1,183.46 yang di capai pada hari Senin kemarin terkait tekanan aksi jual yang diikuti lebih baiknya laporan payrolls AS dari perkiraan pekan lalu.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember di COMEX AS ditutup naik $19,30 ke level $1,225.30 per ons. (izr)

Sumber: Reuters