PT.SolidGoldSemarang~ Emas berjangka naik ke level tertingginya dalam lebih dari seminggu terakhir seiring meningkatnya kekhawatiran bahwa Yunani akan terhalang dalam upaya untuk menghindari default, meningkatnya permintaan untuk logam mulia tersebut sebagai aset safe haven.

Bank Sentral Eropa sedang mempelajari langkah-langkah untuk mengendalikan dana darurat bagi bank-bank Yunani sebagai perlawanan terhadap bantuan lebih lanjut untuk pemberi pinjaman, menurut orang-orang yang berada dalam diskusi tersebut. Sebuah serangan udara di Saudi dekat ibukota Yaman menambah permintaan asset. Pada hari Senin, kepemilikan dalam produk yang diperdagangkan di bursa didukung oleh kenaikan harga emas ke level 1,621.7 ton, yang merupakan level tertingginya sejak 25 Maret lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Emas berjangka untuk pengiriman bulan Juni naik 0,8 % untuk menetap di level $ 1,203.10 per ons pada pukul 1:43 siang di Comex New York, kenaikan terbesarnya untuk kontrak teraktif sejak 10 April. Harga emas telah naik sebesar 1,6 % sepanjang tahun ini di tengah spekulasi bahwa AS akan menaikkan suku bunga secara bertahap.

Per tanggal 1 April, bank sentral Rusia menambah cadangan sekitar 30 ton, penambahan tertingginya dalam 6 bulan terakhir, dibandingkan dengan awal Maret lalu.

Sementara itu, perak untuk pengiriman bulan Mei menguat 0,7 % ke level $ 16,008 per ons di Comex.

Di New York Mercantile Exchange, platinum berjangka untuk pengiriman bulan Juli naik 0,3 % ke level $ 1,152.50 per ons. Sedangkan palladium berjangka untuk pengiriman bulan Juni menguat 0,3 % ke level $ 774,55 per ons. (knc)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer