SOLID GOLD – Outlook Emas dan Perak Minggu Ini

SOLID GOLD LAMPUNG – Emas dan perak mengalami pukulan berikutnya pada minggu lalu walaupun kemungkinan kenaikan tingkat bunga di bulan September menurun. Walaupun pasar memangkas kemungkinan kenaikan tingkat bunga di pertemuan the Fed yang akan segera berlangsung, pasar tidak mengubah kemungkinan kenaikan di bulan Desember. Tingkat bunga yang lebih tinggi bisa membuat USD menjadi lebih kuat dan imbal hasil menjadi lebih tinggi – yang merupakan dua tren yang bisa membuat emas dan perak turun.

Pertemuan FOMC akan menjadi panggung utama pada minggu ini dan khususnya dengan volatilitas yang tinggi dari minggu lalu atas pembicaraan dari anggota FOMC, nampaknya pasar akan memperhatikan laporan ini dengan seksama. Di minggu sebelumnya, emas dan perak turun 1.8 % dan 2.6 % masing-masing, walaupun anggota FOMC Brainard memberikan pidato yang “dovish” pada awal minggu dan pasar mengurangi kemungkinan kenaikan tingkat bunga pada pertemuan yang akan datang. Pada akhir dari minggu lalu, probabilita kenaikan tingkat bunga di bulan September turun lagi menjadi 12 % dan untuk bulan Desember kemungkinannya tidak berubah di 55 %. Dan jika pertemuan yang akan datang dipandang “dovish” – sebagaimana yang terjadi beberapa kali pada waktu lalu – hal ini bisa memberikan dorongan terhadap harga bullion dan membawa turun kemungkinan kenaikan tingkat bunga pada bulan Desember.

Tingginya volatilitas dari emas dan perak kemungkinan akan tetap berlangsung pada minggu ini dengan pasar menunggu pertemuan FOMC yang akan datang. Menuju event ini, harga bullion kemungkinan akan tetap relatif datar dan mencari arah dari the Fed kemana imbal hasil menuju. Kemungkinan besar the Fed akan mencoba sedikit lebih “hawkish” – meskipun keluar laporan NFP yang mengecewakan belakangan ini – yang bisa menekan lebih jauh harga emas dan perak dalam jangka pendek.
SOLID GOLD LAMPUNG

Sumber : Vbiznews