Hasil gambar untuk Emas Pertahankan Penguatannya dalam Dua Hari

PT.SolidGoldSemarang~Emas pertahankan penguatannya selama dua hari terakhir seiring terhentinya penguatan dolar dan meningkatnya kekhawatiran bahwa Yunani mungkin tersandung dalam usahanya untuk menghindari default, meningkatkan permintaan terhadap aset safe haven.

Bullion untuk pengiriman segera berada di level $1,178.71 per ons pukul 8:24 pagi di Singapura dari level $1,176.80 pada hari Selasa, kemarin emas naik sebanyak 0,8 persen ke level $1,183.06, menurut harga generik Bloomberg. Harga emas menguat sejak Senin kemarin pasca mencatat kerugian dalam tiga pekan berturut-turut.

Sementara harga emas turun 0,5 persen tahun ini karena investor menaksir kenaikan suku bunga yang akan dilakukan oleh Federal Reserve, meningkatnya ketegangan antara Yunani dan kreditor dapat memacu permintaan untuk emas sebagai safe haven. Sebuah rencana revisi yang diajukan oleh Yunani hanya tiga pekan sebelum jaring pengaman keuangan ini berakhir masih tidak dianggap kredibel, menurut seorang pejabat internasional yang akrab dengan masalah. Sebuah default Yunani terkait kewajibannya dapat memicu keluarnya yunani dari zona euro.

Indeks Bloomberg Dollar Spot, indeks greenback terhadap 10 mata uang utama, mendatar untuk hari kedua pada Rabu pasca turun sebesar 1 persen pada hari Senin lalu. The Fed meneliti data untuk tanda-tanda ekonomi AS dapat menahan biaya pinjaman yang lebih tinggi, dengan laporan penjualan ritel yang akan dirilis besok diperkirakan akan menunjukkan permintaan konsumen rebound pada bulan Mei lalu.

Emas untuk pengiriman Agustus stagnan pada level $1,177.60 per ons di Comex. Kepemilikan Emas ETF masih berada level terendahnya sejak 2009 lalu. (izr)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer