Solid Gold – Emas bertahan di dekat level tertinggi dua minggu, dan berada di jalur untuk kenaikan mingguan terbesar sejak bulan Juni, akibat adanya kekhawatiran bahwa ekonomi global mungkin goyah sehingga memicu spekulasi stimulus yang lebih, meningkatkan permintaan untuk penyimpan nilai.

Emas untuk pengiriman segera diperdagangkan di level $ 1,224.25 per ons pada pukul 8:43 pagi di Singapura dari level kemarin di $ 1,224.33, menurut Bloomberg generic pricing. Bullion naik menjadi $ 1,233.43 kemarin, tertinggi sejak 23 September, setelah risalah dari pertemuan terakhir Federal Reserve menunjukkan bahwa pejabat menyatakan keprihatinan ekonomi AS mungkin menghadapi risiko dari perlambatan global.

Emas 2,8% lebih tinggi dalam minggu ini, ditetapkan untuk kenaikan terbesar sejak periode pada 20 Juni yang lalu, dan hari kelima keuntungan hari ini akan menjadi jangka terpanjang sejak bulan Februari. Indeks Bloomberg Dollar Spot siap untuk menghentikan reli dalam tujuh minggu setelah investor menilai timing kenaikan suku bunga AS, dimana The Fed berjanji bahwaa suku bunga akan terus mendekati nol untuk “waktu yang dirasa cukup.”

Emas telah mengalami reli dari level terendah tahun ini sebesar $ 1,183.24 pada 6 Oktober setelah permintaan haven meningkat. Dana Moneter Internasional (IMF) pekan ini memangkas prospek pertumbuhan global pada tahun 2015. Ketua Bank Sentral Eropa Mario Draghi berjanji kemarin untuk memperluas langkah-langkah stimulus jika diperlukan, sementara Gubernur Haruhiko Kuroda mengatakan Bank of Japan memiliki banyak pilihan untuk melakukan pelonggaran tambahan.(frk)

Sumber : Bloomberg