PT.SolidGoldSemarang~ Emas berjangka jatuh ke level terendah dalam sepekan terakhir pasca rilis risalah dari pertemuan terakhir The Fed sehingga memicu kekhawatiran bahwa para otoriras bergerak mendekati untuk menaikkan suku bunga.

Sementara risalah pada hari rabu menunjukan para otoritas The Fed bulan lalu terbagi mengenai apakah mereka akan menaikan suku bunga pada bulan Juni. Kepemilikan emas ETP turun menjadi 1,616.1 metrik ton, yang merupakan level terendah dalam tiga bulan, menurut data yang dihimpun oleh Bloomberg. Dolar naik ke level tertinggi dalam sepekan terhadap sekumpulan 10 mata uang.

Emas berjangka menuju penurunan mingguan pertama sejak 13 Maret. Menurut serangkaian data pemerintah pada pekan lalu menunjukkan pertumbuhan pekerjaan AS stagnan pada bulan Maret. Sementara perdagangan logam mulia mencermati data ekonomi guna menjadi kajian kapan waktu kenaikan suku bunga, sehingga memangkas daya tarik emas yang hanya menawarkan pengembalian melalui kenaikan harga.

Bullion untuk pengiriman Juni turun 0,8% untuk menetap di level $ 1,193.60 per ons pada pukul 1:44 di New York Comex. Harga sebelumnya menyentuh level $ 1,192.40, yang merupakan level terendah sejak 1 April lalu.

Perak untuk pengiriman Mei turun 1,7% menjadi $ 16,176 per ons di Comex, mencatat penurunan ketiga secara beruntun. Harga menyentuh level $ 16,105, yang terendah sejak 20 Maret.

Platinum berjangka untuk pengiriman Juli turun 0,8% menjadi $ 1.157 per ounce di New York Mercantile Exchange. Palladium berjangka untuk pengiriman Juni naik sebanyak 0,9% menjadi $ 762,40 per ons, yang merupakan kenaikan ketiga dalam empat hari terakhir.(yds)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer