SGB LAMPUNG – Harga Emas turun, bahkan sempat jatuh di bawah $ 1.200 untuk pertama kalinya sejak pertengahan Februari pada hari Senin, terkena komentar dari Ketua Federal Reserve Janet Yellen pada kemungkinan kenaikan suku bunga AS pada bulan mendatang.

The Fed harus meningkatkan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang jika ekonomi meningkat, Yellen mengatakan pada hari Jumat, memperkuat kasus untuk kenaikan suku bunga pada bulan Juni atau Juli. Presiden Fed St Louis James Bullard mengatakan pada hari Senin pasar global tampaknya mempersiapkan diri dengan baik untuk kenaikan suku bunga musim panas.

Harga emas spot sempat turun sebanyak 1 persen menjadi $ 1,199.60 per ons, terendah sejak 17 Februari, dan berakhir turun 0,6 persen pada $ 1,205.20 per ons. Logam mulia ini berada di jalur untuk sembilan sesi kerugian, kekalahan beruntun terpanjang sejak Maret 2015.

Sedangkan harga emas berjangka AS turun 0,8 persen menjadi $ 1,207.4. Perdagangan emas tipis dengan hari libur di Inggris dan Amerika Serikat, pada Senin kemarin.

Presiden Federal Reserve Bank Minneapolis Neel Kashkari mengatakan pekan lalu bahwa suku bunga negatif, yang digunakan oleh bank-bank sentral di Eropa dan Jepang untuk merangsang ekonomi mereka, hanya akan menjadi pilihan terakhir bagi bank sentral AS.

Posisi berkurang pada skala yang sama radikal pada awal November 2015 ketika pasar siap untuk kenaikan suku bunga Fed pada bulan Desember, kata para analis Commerzbank. “Pada saat itu harga emas turun dari $ 1.200 sampai $ 1.050 Kerugian emas juga karena saham global yang lebih tinggi, yang menunjukkan peningkatan risk appetite di kalangan investor.

Emas, yang telah naik 16 persen pada kuartal pertama, telah berada di bawah tekanan sejak prospek sebuah kenaikan suku bunga ditunjukkan oleh risalah pertemuan Fed April, yang dirilis awal bulan ini. Pejabat bank sentral utama telah konsisten mendukung peningkatan.

Di antara logam mulia lainnya, harga perak kehilangan 1,6 persen dan menyentuh level terendah tujuh minggu $ 15,86 per ons. Harga platinum spot jatuh ke terendah sejak 8 April di $ 961, sebelum sedikit pulih dan paladium naik 0,6 persen pada $ 539,73 per ons.

Harga emas berpotensi lanjutkan penurunan dengan sentimen penguatan kenaikan suku bunga AS bulan Juni atau Juli. Harga emas diperkirakan menembus Support $ 1,202-$ 1,1998, dan jika harga naik akan menembus Resistance $ 1,207-$ 1,209.