SGB LAMPUNG – Harga Emas menurun 1% ke level terendah setelah tiga bulan pada akhir perdagangan akhir pekan lalu (Jumat 27 Mei), setelah ketua Federal Reserve Amerika Serikat Janet Yellen “bank sentral Amerika bisa menaikkan suku bunga pada bulan-bulan mendatang jika perekonomian terus membaik”.

Pada Hari Jumat (27 Mei), Janet Yellen menyatakan “kenaikan suku bunga AS adalah “MUNGKIN” sesuai dalam beberapa bulan kedepan jika data ekonomi Amerika meningkat”.

“Hal ini sesuai dan saya sudah katakan di masa lalu, saya pikir untuk Fed secara bertahap dan hati-hati meningkatkan suku bunga dari waktu ke waktu dan mungkin dalam beberapa bulan mendatang, langkah tersebut akan sesuai,” kata Yellen dalam menjawab pertanyaan di Harvard Radcliffe Institute for Advanced Study di Harvard University di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Pernyataan Yellen mengangkat index dollar Amerika Serikat ke level tertinggi dua bulan.

Harga emas spot turun pada $ 1,208.90 per ons, turun terendah pada awal sebesar $ 1,206.45, level terendah sejak 22 Februari, sehingga membuat emas berada di jalur untuk menutup minggu lalu turun 3,5 persen, penurunan terbesar sejak awal November tahun lalu dan penurunan mingguan keempat berlanjut setelah menit dari pertemuan kebijakan terbaru the Fed minggu lalu menunjukkan bahwa kenaikan mungkin lebih cepat daripada nanti.

Sedangkan harga emas berjangka Amerika untuk pengiriman Juni turun 0,5 persen pada $ 1,213.80 per ons.

Pada hari Kamis, Gubernur Fed, Jerome Powell mengatakan dia merasa ekonomi adalah pada “pijakan yang kokoh” dan dalam jangkauan tujuan inflasi The Fed.

Dalam harga logam mulia yang lain, harga perak menyentuh level terendah di hampir 6 minggu di $ 16,09/ons, dan kemudian turun pada $ 16,18/ons. Harga platinum turun pada $ 972,24/ons, setelah menyentuh level terlemah dalam lebih dari 5 minggu di $ 970/ons, dan berada di jalur untuk penurunan mingguan terbesar sejak Januari 2015. Sedangkan harga palladium adalah lebih rendah pada $ 534,05.

Harga emas berpotensi lanjutkan penurunan dengan sentimen pernyataan Yellen yang semakin menguatkan kenaikan suku bunga Amerika bulan depan. Harga emas diperkirakan menembus Support $ 1,207-$ 1,205, dan jika harga naik akan menembus Resistance $ 1,211-$ 1,213.