SOLID BERJANGKA FUTURES – Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan investasi futures? Futures trading adalah transaksi perdangan derivative yang menggunakan sistem margin trading. Futures di Indonesia dikenal pula sebagai kontrak berjangka dengan aset dasar berupa komoditas atau aset keuangan. Di Indonesia salah satu bentuk investasi futures yang paling terkenal adalah perdagangan emas berjangka atau saham perusahaan.

 

Sifat dari investasi futures

  • Diperjualbelikan di pasar sekunder yang terorganisasi
  • Perdagangan futures memiliki  perbedaan struktur dan satuan harga, misalnya perdagangan grain dinilai dengan satuan cent per bushel, sedangkan perdangan emas dan perak dinilai dalam dollar per ounce.
  • Rekening investor dihitung laba ruginya secara harian
  • Ketentuan kontrak pada futures atau perdagangan berjangka mempunyai masa berlaku alias kadaluarsa, biasanya masa berlakunya adalah 6 bulan atau satu tahun.
  • Dalam kontrak futures terdapat beberapa ketentuan yang diatur oleh bursa, yaitu jenis aset, ukuran kontrak, lokasi penyerahan, waktu penyerahan
  • Untuk dapat melakukan perdagangan berjangka, investor biasanya membuka rekening margin yang dapat membawa nilai kontrak kembali ke nol. Terdapat kemungkinan nilai futures naik atau turun pada setiap hari penutupan perdagangan karena disesuaikan dengan nilai pasar. Untuk mencegah kerugian pada salah satu investor maka diperlukan margin. Keuntungan atau kerugian yang terjadi akan ditambahkan atau dikurangkan pada rekening margin.

 

Faktor kepercayaan dalam investasi futures

Beberapa orang enggan atau bahkan kapok melakukan investasi futures ini karena pengalaman pahit yang menimpa diri sendiri atau rekan-rekannya. Betapa tidak seorang investor bisa mengalami resiko kerugian mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah jika salah perhitungan dalam investasi ini. Kesalahan perhitungan itu bisa disebabkan oleh kecenderungan hanya mempergunakan perasaan dalam melakukan transaksi atau mengikuti nasehat broker yang bisa saja melakukan kesalahan dalam membaca situasi pasar.

Bekerja sama dengan perusahaan sekuritas jika Anda ingin menjadi investor saham memang merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Di perusahaan tersebut, Anda akan berhubungan dengan broker saham yang bertugas untuk memberi arahan investasi yang benar bagi Anda. Para investor pemula sering begitu saja menyerahkan pengambilan keputusan investasi futures kepada pialang kepercayaannya karena arahan sang broker tampak akurat pada permulaannya. Saham-saham yang disarankan untuk dibeli oleh si Investor memang memperlihatkan kenaikan harga.

Tetapi bagaimana pun juga pialang berpengalaman sekali pun bisa melakukan kesalahan, yaitu arahan yang mereka berikan tidak sesuai dengan prediksi pada pasar bursa saham. Hal ini tentu akan menimbulkan kekecewaan dan kerugian bagi investor. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang cara menganalisis saham, sehingga selain saran dari broker, Anda bisa memanfaatkan kemampuan Anda sendiri untuk melakukan transaksi. Jika cara ini terlalu rumit dan merepotkan, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan sekuritas profesional yang mempunyai staf-staf ahli untuk melakukan analisa saham. Hasil riset inilah yang digunakan para broker untuk memberi arahan investasi kepada para investor.

 

Menggunakan sistem trading untuk mengantisipasi kerugian

Bila tidak ingin mengalami kerugian, belajarlah untuk melakukan investasi dengan sistem trading, yaitu cara melakukan entry market dengan panduan paling sedikit tiga indikator. Jadi dasar untuk memasuki market adalah adanya signal pada indikator utama, yang dikonfirmasi dengan dua indikator lainnya. Hal ini harus Anda lakukan pada saat masuk atau keluar dari market, karena walaupun terasa rumit, tetapi transaksi yang kita lakukan akan lebih akurat dan bisa dinilai.

Jadi, jangan ragu untuk mulai terjun dalam bidang investasi futures atau perdangangan alternatif ini  karena bisa memberikan peluang mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya atas investasi yang Anda lakukan.