PT Solid Gold SMG –Emas turun untuk hari kelima, penurunan beruntun terpanjang sejak Agustus lalu menjelang para pembuat kebijakan Federal Reserve memulai pertemuan selama dua hari di mana mereka diharapkan untuk mengakhiri program pembelian obligasi bulanannya. Perak, platinum dan paladium turun.

Bullion untuk pengiriman segera kehilangan sebesar 0,3 persen ke level $ 1,222.62 per ons, harga terendah sejak 15 Oktober lalu, dan ditransaksikan di level $ 1,225.02 pukul 8:54 pagi di Singapura, menurut harga generik Bloomberg. Bullion turun sebesar 1,8 persen selama empat hari terakhir.

Pejabat Fed menilai waktu kenaikan suku bunga acuan pasca rilis data kemarin menunjukkan jumlah kontrak pembelian rumah yang ada naik kurang dari perkiraan pada bulan September. Bank sentral menunjukan pada pertemuan September lalu itu direncanakan untuk mengakhiri pembelian aset bulan ini dan telah berjanji untuk mempertahankan suku bunga utamanya pada nol hingga 0,25 persen sejak tahun 2008 lalu. Bullion turun sebesar 6,2 persen bulan lalu karena dolar menguat dan kepemilikan reksadana emas dalam produk yang diperdagangkan di bursa mengalami kontraksi.

Emas untuk pengiriman Desember turun sebanyak sebesar 0,6 persen ke level $ ,222.60 per ons di Comex di New York, terendah sejak 15 Oktober, dan ditransaksikan di level $1,222.70. Kepemilikan reksadana berbasis emas di SPDR Gold Trust, tidak berubah kemarin pasca terkontrkasi menuju ke level enam tahun terendahnya pada jumat lalu.

Perak untuk pengiriman segera turun sebesar 0,3 persen ke level $17,086 per ons. Spot platinum turun sebesar 0,5 persen ke level $1,251.50 per ons, sedangkan paladium turun sebesar 0,6 persen ke level $ 780,75 per ons setelah naik selama tiga hari terakhir.

Sumber: Bloomberg

baca Disclaimer