Solid Gold Berjangka – Semua orang pasti pernah mengalami stres. Namun hingga saat ini stres masih dianggap sebagai hal remeh dan bukan isu yang besar. Padahal faktanya, stres bukan hanya masalah mental, tetapi juga bisa berimbas pada segi fisik seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 150.000 orang dari 142 negara mengungkap bahwa stres juga berkaitan dengan kesehatan yang buruk.

 

Ketika seseorang merasa stres, mereka biasanya merasa tak bersemangat dan otak mereka sulit berkonsentrasi. Namun selain itu ada juga gejala stres lain yang jarang diketahui dan diperhatikan. Kebanyakan orang tak tahu bahwa mereka sedang mengalami stres ketika mengalami gejala tersebut.

 

Berikut adalah beberapa gejala stres yang jarang diperhatikan dan dikenali, seperti dilansir oleh Health Me Up (02/07).

 

1. Sakit perut

Konstipasi, diare, mual, dan muntah adalah salah satu gejala yang bisa muncul ketika seseorang merasa stres. Peneliti mengungkap bahwa sistem saraf berkaitan langsung dengan saluran pencernaan. Karena itu, jika Anda tak merasa salah makan dan mengalami sakit perut, bisa jadi penyebabnya adalah stres. Cobalah melakukan olahraga ringan seperti berjalan atau berlari-lari kecil.

 

2. Rambut rontok

Seseorang bisa mengalami rambut rontok sebanyak 100 helai rambut sehari ketika mengalami stres. Ini karena tingkat androgen meningkat saat seseorang mengalami stres dan memicu kerontokan rambut. Mengonsumsi makanan yang sehat dan diet seimbang adalah solusi untuk mengatasi rambut rontok akibat stres.

 

3. Mata berkedut

Terdapat kepercayaan bahwa ketika mata berkedut berarti ada orang yang sedang membicarakan Anda. Namun sebenarnya, mata yang berkedut juga bisa disebabkan oleh stres. Meski begitu para ahli belum mengetahui mengapa mata sering berkedut saat stres. Jika Anda mulai mengalami mata berkedut, tutup mata Anda dan bernapaslah perlahan. Letakkan jari pada kelopak mata dan tekan dengan lembut untuk menghentikannya.
4. Jerawat

Kelebihan androgen bisa menyebabkan kulit semakin sensitif. Karena itu banyak orang yang mulai berjerawat ketika mereka sedang mengalami stres. Jika ini yang terjadi, cobalah untuk mengobatinya dengan krim atau temui ahli kulit. Namun tak hanya itu, Anda juga harus mencoba mengatasi stres yang memunculkan jerawat tersebut.

 

5. Sakit punggung

Sakit punggung bisa disebabkan oleh postur tubuh yang salah, tetapi juga bisa dipicu oleh stres akibat pekerjaan atau alasan lainnya. Hormon yang dikeluarkan ketika seseorang merasa stres akan meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, sehingga membuat otot semakin tegang. Cara mengatasinya adalah dengan sering bergerak.

 

6. Gatal

Jangan terburu-buru menyalahkan alergi atau sabun yang Anda gunakan ketika mengalami gatal-gatal. Rasa gatal juga bisa dipicu oleh stres dan depresi. Stres akan menurunkan sistem kekebalan tubuh dan kulit Anda akan semakin sensitif serta mudah terkena infeksi seperti gatal-gatal.

 

Itulah beberapa gejala stres yang jarang sekali diketahui dan diperhatikan. Selain mengatasi gejala yang timbul di atas, Anda juga harus mengatasi penyebab utamanya, yaitu stres yang Anda rasakan. Anda bisa melakukan meditasi, menenangkan pikiran, berjalan-jalan, atau melakukan hal yang Anda sukai.