Indeks Hangseng adalah indeks saham yang berasal dari pasar indeks saham di Hong Kong. Indeks ini banyak disukai oleh pelaku saham agresif karena sifatnya yang cenderung fluktuatif. Karakter perubahan cepat, bahkan bisa terjadi jeda besar dalam grafik candlestick-nya. Indeks Hangseng juga termasuk yang paling sering diperdagangkan dalam dunia saham di seluruh dunia. Dengan karakteristik seperti itu, seseorang bisa punya lebih banyak kesempatan meraih untung. Harga per poinya pun cukup terjangkau.

Yang menjadi pertanyaan, adalah tak semua orang menyukai pergerakan cepat dan fleksibel pada indeks Hangseng ini. Biasanya para pemula agak khawatir dengan pergerakan Hangseng seperti ini. Sifat-sifat Indeks Hangseng Indeks Hangseng sangat fluktuatif dan cepat berganti sehingga banyak orang merasa was-was setiap kali hendak membuka posisi trading menggunakan saham ini. Dalam sehari, indeks ini bisa melakukan pergerakan sejumlah 100 hingga 150 poin, tetapi pergerakan yang terjadi sangat cepat sehingga terkadang sampai tercipta ‘lubang’ alias gap besar di grafiknya. Walaupun sifat kontraknya terhitung fleksibel, tetap saja bermain indeks Hangseng bisa sangat menakutkan.

Hal ini bukan berarti Anda sebaiknya menghindari indeks Hangseng. Sebaliknya, indeks ini memiliki nilai poin yang aktif berfluktuasi setiap hari serta paling banyak digunakan di dunia, sehingga Anda yang menyukai resiko sebaiknya mencoba berdagang saham menggunakan indeks Hangseng. Indeks Hangseng dan Analisis Saham Karena sifatnya yang fluktuatif dan sering berubah tanpa terduga, Anda yang ingin bermain indeks Hangseng sebaiknya belajar melakukan analisis teknis. Dalam permainan saham, analisis sangat diperlukan untuk menentukan pergerakan saham harian. Analisis bisa dilakukan dengan cara memperhatikan faktor-faktor penyebab pergerakan saham seperti berita ekonomi, politik dan sosial, serta analisis yang lebih teknis dengan menggunakan bantuan statistik serta alat (tool). Para pemain indeks Hangseng biasanya lebih suka untuk langsung terjun menggunakan analisis teknis.

Pasalnya, analisis teknis lebih memberikan gambaran rinci terhadap naik turunnya harga, sehingga pelaku investasi saham bisa langsung bergerak ketika menemukan kesempatan. Jadi, analisis teknis lebih cocok untuk membuat keputusan jual beli jangka pendek yang biasa ditemukan pada indeks fluktuatif seperti Hangseng. Jika Anda ingin bermain di pasar indeks saham Hangseng, ada baiknya memperhatikan semua aspek teknis sebelum menentukan posisi jual atau beli. Tips Analisa Indeks Hangseng Sebelum mencoba menganalisa harga di indeks Hangseng, cobalah memperkaya diri dengan berita-berita bisnis sekaligus wawasan tentang cara membaca tren pasar dan grafik. Menggabungkan analisis teknis dengan fundamental seperti ini dapat membantu menentukan ritme pergerakan pasar dengan lebih mudah.

Jangan terpaku pada faktor-faktor seperti inflasi, karena inflasi belum tentu memengaruhi tren harga suatu pasar secara signifikan. Jangan takut menggunakan grafik sebagai alat bantu menentukan tren harga di pasaran. Jika Anda sering memerhatikan grafik, lama-lama Anda akan terbiasa melihat pola naik turun harga yang berdasarkan suatu tren. Ingat bahwa, dalam sistem pasar, tren bisa berulang. Jadi, Anda bisa menggunakan grafik sebagai alat bantu untuk membaca tren pasar. Analisa indeks Hangseng mungkin cukup sulit dan bergantung pada keaktifan Anda membaca tren pasar, namun semakin banyak Anda belajar, semakin mudah pula bagi Anda untuk membaca tren pasar dan menentukan posisi jual beli yang pas.

– Sumber :  bisnisindeks.com