SOLID GOLD – Harga Emas Naik Dengan Meredanya Kekuatan Dolar AS

SOLID GOLD LAMPUNG – Harga emas kembali naik pada akhir perdagangan hari Rabu dinihari tadi (19/okt) dengan surutnya kekuatan dolar Amerika Serikat namun kekhawatiran seputar pemilihan Presiden Amerika Serikat dan kenaikan suku bunga Amerika Serikat pada bulan Desember Amerika Serikat menahan keuntungan emas lebih jauh dan bisa menekan harga menjadi rendah.

Mata uang Amerika Serikat mundur dari tinggi tujuh bulan terhadap sekeranjang mata uang, membuat emas dalam denominasi dolar lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

Harga emas spot LLG naik 0,5 % pada $ 1,262.88 per ons. Sedangkan harga emas berjangka Amerika Serikat naik 0,5 % dan berakhir di $ 1,262.90 per ons.

Tapi kerugian dolar mungkin tidak bertahan jika harapan The Fed Amerika Serikat akan menaikkan suku bunga pada bulan Desember diperkuat oleh data ekonomi selama bulan-bulan mendatang. Menurut program FedWatch CME Group, kemungkinan tingkat mendaki suku bunga Fed Amerika Serikat pada bulan Desember sekitar 70 %.

Secara keseluruhan kepemilikan emas di ETF di 57.433.000 ons yang naik lebih dari 2 % sejak 15 September.

Sedangkan harga Perak naik lebih dari 1 % pada $ 17,60 per ons dan paladium naik 0,2 % pada $ 638,50.

Platinum naik 0,8 % menjadi $ 945. Menyentuh level terendah tujuh bulan $ 923 pada hari Senin.

Platinum dan paladium berada di bawah tekanan dari lemah Rand Afrika Selatan terhadap dolar.

Afrika Selatan adalah produsen terbesar di dunia dari platinum dan produsen terbesar kedua paladium. Ketika rand jatuh biaya produksi dihitung dalam dolar turun juga.

Pemilihan Presiden Amerika Serikat berlangsung pada 8 November dimana berdasarkan jajak pendapat nasional RealClearPolitics rata-rata menunjukkan Clinton saat ini memimpin Donald Trump 7,1 % lebih tinggi, pada 46 % mengungguli 38,9 %.

Para pedagang mengatakan jajak pendapat pemilu AS itu diimbangi ke oleh meningkatnya minat investor di bursa emas fisik yang didukung ETF.

Diperkirakan harga minyak emas pada perdagangan selanjutnya berpotensi naik dengan mundurnya dollar Amerika Serikat. Harga diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance $ 1,265 -$ 1,267, sedangkan jika harga turun akan bergerak dalam kisaran Support $ 1,261-$ 1,259
SOLID GOLD

Sumber : vibiznews