SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Harga Emas tinggal dekat tertinggi dalam hampir enam minggu pada akhir perdagangan hari Selasa di AS karena kekhawatiran tentang Brexit dan ekspektasi Federal Reserve AS tidak akan menaikkan suku bunga pada pertemuan Juni.

Emas bisa mendapatkan dorongan lebih lanjut jika suara Inggris untuk meninggalkan kelompok 28-anggota negara Zona Eropa ini, yang dijuluki Brexit, mendorong Eropa kembali ke resesi, kata para analis.

Harga emas spot naik setinggi $ 1,289.80 per ons sebelumnya tapi berakhir naik 0,14 persen pada $ 1,285.46 per ons. Harga emas telah naik sekitar 6 persen bulan ini, kenaikan terbesar sejak Februari.

Harga emas di poundsterling juga mencapai dekat tiga tahun dari 910,04 pound sebagai mata uang Inggris jatuh ke posisi terendah dalam delapan minggu.

Jajak pendapat dan peluang taruhan ‘menunjukkan kesempatan naik dari suara Brexit dalam referendum 23 Juni sebagai tabloid terbesar Inggris, The Sun, juga mengatakan hal itu mendukung suara “meninggalkan” Uni Eropa.

Emas, yang sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap ketidakpastian ekonomi dan keuangan, telah didorong oleh meningkatnya risk aversion investor sebelum pertemuan bank sentral pekan ini.

Federal Reserve diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tetap selama setidaknya satu bulan lagi ketika memulai pertemuan dua hari ini.

Bank of England, Swiss National Bank dan Bank of Japan juga akan bertemu minggu ini, dan diharapkan untuk melanjutkan kebijakan moneter stabil dan hati-hati tentang prospek ekonomi global.

Kepemilkan di SPDR Gold Trust, emas terbesar di dunia yang didukung exchange-traded fund, naik 0,27 persen menjadi 896,30 ton pada hari Senin, tertinggi sejak Oktober 2013.

Perak berjangka turun 0,13 persen menjadi $ 17,42 per ons, setelah menyentuh satu bulan tinggi $ 17,48. Platinum berjangka turun persen pada $ 975,30 sedangkan paladium turun 2 persen menjadi $ 534,70.

Harga emas berpotensi naik dengan sentimen memudarnya harapan kenaikan suku bunga AS dan kekuatiran Brexit yang meningkatkan permintaan safe haven. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 1,287-$ 1,289, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 1,283-$ 1,281.

http://vibiznews.com/2016/06/15/harga-emas-naik-mendekati-6-minggu-tertinggi/