SOLID GOLD BERJANGKA – Harga Emas Naik Terbantu Pudarnya Harapan Kenaikan Suku Bunga Jelang Pertemuan The Fed

SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Harga Emas naik pada akhir perdagangan Rabu dinihari terdukung pudarnya harapan kenaikan suku bunga menjelang pertemuan dua hari Federal Reserve AS dimana investor memperkirakan suku bunga AS tidak berubah.

Harga emas spot naik 0,1 % pada $ 1,314.92 per ons, dengan harga emas berjangka AS datar di $ 1,318.20.

Investor Ragukan Kenaikan Suku Bunga Fed, Emas Menguat

Investor akan mencermati pidato Ketua Fed Janet Yellen pada akhir pertemuan pada Rabu untuk petunjuk apakah bank sentral bisa menaikkan suku bunga sebelum akhir tahun

Berbagai data ekonomi yang mixed dan komentar yang bertentangan dengan kebijakan kunci Fed telah membuat investor memperkirakan kenaikan suku bunga AS akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

Emas mencatat kenaikan untuk sesi ke-2 berturut-turut pada hari Selasa seiring Federal Reserve memulai pertemuan kebijakan 2-hari, dengan investor berharap pembuat kebijakan AS belum akan menaikkan suku bunga acuan.

Investor juga akan memantau pidato Ketua Fed Janet Yellen di akhir pertemuan kebijakan pada Rabu untuk mencari petunjuk tentang kemungkinan kenaikan suku bunga sebelum akhir tahun ini.

Serangkaian data ekonomi yang mixed dan komentar yang bertentangan dari beberapa pejabat kunci Fed telah menempatkan investor di tengah ketidakpastian tentang waktu kenaikan suku bunga AS berikutnya. Berdasarkan CME FedWatch, para trader hanya melihat kesempatan sebesar 12 % bahwa Fed akan menaikkan suku bunga dalam pertemuan saat ini, lebih rendah dibandingkan dengan 24 % pada pekan lalu.

Hanya kesempatan 12 % untuk kenaikan suku bunga saat ini, dibandingkan dengan 24 % pekan lalu, kata CME FedWatch.

Dolar AS sempat turun 0,1 % terhadap sekeranjang enam mata uang utama karena investor menunggu hasil dari pertemuan kebijakan Bank of Japan pekan ini.

Bank sentral Jepang juga bertemu pada Selasa dan Rabu, dan bisa membuat suku bunga negatif menjadi fokus utama dari kebijakan moneter, bergerak menjauh dari pelonggaran kuantitatif.

Dalam berita lain, impor emas Swiss dari Hong Kong bulan lalu mencapai tertinggi sejak pencatatan dimulai pada 2012, sementara gabungan pengiriman ke Hong Kong dan China mencapai terendah sejak April, data dari biro kepabeanan Swiss menunjukkan Selasa.

Diperkirakan harga emas berpotensi naik dengan sentimen The Fed akan menahan suku bunga AS bulan ini. Harga emas diperkirakan berada pada kisaran Resistance $ 1,317-$ 1,319 dan jika harga turun di kisaran Support $ 1,313-$ 1,311.
SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG

Sumber : Vibiznews