SGB LAMPUNG – Harga Emas naik mencapai tertinggi sejak pertengahan Mei, pada akhir perdagangan hari Senin, terdorong memudarnya harapan kenaikan suku bunga AS dan kekuatiran referendum 23 Juni ini apakah Inggris jadi meninggalkan Uni Eropa atau tidak.

Harga emas spot naik 0,79 persen pada $ 1,284.01 per ons, turun dari puncak sebelumnya $ 1.287.

Sedangkan harga emas berjangka AS untuk pengiriman Agustus ditutup naik 0,9 persen pada $ 1,286.90 per ons.

Poundsterling jatuh ke level terendah dua bulan terhadap dolar, mendorong emas dalam mata uang sterling ke level tertinggi dalam hampir tiga tahun di 909,83 pound per ons, naik 1,9 persen.

Memudarnya harapan untuk kenaikan suku bunga Federal Reserve AS telah mendorong harga naik tajam bulan ini. Emas telah rally 6 persen sejak data payrolls AS untuk Mei datang lebih lemah dari yang diperkirakan pada tanggal 3 Juni, menghancurkan harapan untuk kenaikan suku bunga selama musim panas.

Kekuatiran Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa minggu depan menyebar melalui pasar keuangan global pada hari Senin, mengirim pasar saham global yang lebih rendah. Dolar jatuh 0,22 persen terhadap sekeranjang mata uang utama.

“Emas telah berfluktuasi sejalan dengan jajak pendapat Brexit,” kata Citi dalam catatan pada hari Senin.

“Setelah laporan pasar tenaga kerja kenaikan suku bunga Fed telah pudar untuk Juni dan Juli, dan pada saat yang sama tampaknya seolah-olah peluang bagi Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa telah kembali lagi,” kata analis Danske Bank Jens Pedersen . “Kedua faktor yang menguntungkan emas.”

The Fed AS, Bank of England, Swiss National Bank dan Bank of Japan semua akan bertemu minggu ini, dan diharapkan untuk terus menghasilkan kebijakan moneter yang stabil.

Pada hari Jumat, kepemilikan emas terbesar di dunia yang didukung ETF, SPDR Gold Trust, naik ke level tertinggi sejak Oktober 2013.

Di antara logam mulia lainnya, harga perak berjangka naik 0,58 persen pada $ 17,43 per ons, sementara platinum turun 0,2 persen pada $ 992 per ons dan paladium adalah 0,71 persen lebih rendah pada $ 542,10 per ons.

Harga emas berpotensi naik dengan sentimen memudarnya harapan kenaikan suku bunga AS dan kekuatiran Brexit. Harga emas diperkirakan menembus kisaran Resistance $ 1,286-$ 1,288, dan jika harga turun akan menembus kisaran Support $ 1,282-$ 1,280.

http://vibiznews.com/2016/06/14/harga-emas-naik-tertinggi-1-bulan-terpicu-pudarnya-kenaikan-suku-bunga-as-dan-brexit/