Dari jaman dahulu emas menjadi komoditi yang disukai orang. Dari sekedar perhiasan, alat tukar hingga ukuran kekayaan. Tak mengherankan bila sekarang orang masih saja menjadikan emas sebagai hal yang utama dibandingkan uang atau investasi lainnya. Belakangan ini saja harga emas naik dalam jumlah yang signifikan, meskipun mengalami penurunan juga, namun tetap memiliki nilai yang tinggi. Selain itu emas memang sudah menjadi salah satu benda yang bisa diinvestasikan. Karena faktor kenaikan harga tersebut yang menjadi penarik utama. Berbeda halnya jika menyimpan uang di rumah dimana nilai uang tersebut akan berubah meskipun nominalnya tetap sama.

Bila demikian faktor-faktor apa saja yang membuat harga emas dapat melambung? Berikut beberapa indikasinya: Krisis dolar Krisis nilai tukar rupiah terhadap dolar yang sampai menembus lebih dari 11 ribu rupiah menjadi salah satu hal yang menyebabkan harga emas naik. Namun ketika krisis ini tidak terjadi, harga emas tetap akan naik namun tidak terlalu menonjol. Begitu sebaliknya jika nilai tukar rupiah rendah, maka harga emas pun akan naik dengan tinggi. Bunga Bank Bunga bank menjadi salah satu hal yang menyebabkan harga emas naik. Bunga bank yang ada umumnya ditentukan oleh bank itu sendiri, namun tetap ada batasan minimal dan maksimalnya. Bunga bank berlaku baik untuk pinjaman maupun untuk tabungan.

Bila bunga bank pinjaman untuk membeli emas lebih murah daripada bunga Bank untuk menabung, maka saat itu juga terjadi kenaikan harga emas. Inflasi Di Indonesia sering terjadi inflasi biasanya pada barang-barang kebutuhan pokok. Emas merupakan suatu barang yang dapat memerangi inflasi. Saat inflasi terjadi, biasanya harga jual emas akan semakin tinggi mengikuti kenaikan harga barang-barang yang lain. Oleh karena itulah inflasi sering dijadikan alasan orang untuk berinvestasi dalam emas. Krisis Ekonomi Krisis ekonomi yang terjadi dapat diatasi dengan emas. Harga emas tetap akan naik mengikuti krisis ekonomi yang terjadi.

Emas Menipis Emas adalah barang tambang yang kian hari kian menipis karena eksplorasi terus-menerus. Hal ini menyebabkan pasokan emas semakin berkurang setiap tahunnya. Semakin berkurangnya pasokan emas, maka harga emas juga akan semakin naik. Bunga Bank Amerika Serikat Tak pelak Amerika Serikat sebagai Negara adidaya mempengaruhi naik-turunnya harga emas. Apabila bunga bank AS turun, maka harga emas akan naik, dan begitu sebaliknya. Krisis Politik Krisis politik menjadi faktor tinggi-rendahnya harga emas. Seperti serangan teror yang terjadi di Amerika Serikat membuat permintaan emas meningkat. Dengan adanya peningkatan permintaan emas tersebut, maka harga emas naik. Fungsi Lainnya Emas bukan hanya dijadikan investasi saja, juga dipergunakan sebagai perhiasan, hadiah maupun sebagai mas kawin. Hal ini menyebabkan harga emas semakin naik, terlebih lagi jika emas sudah diubah menjadi perhiasan yang sangat mewah.

 Sumber : bisnisindeks.com