SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Harga minyak mentah merosot sekitar 2 persen, ditutup pada level terendah lima minggu pada akhir perdagangan hari Kamis di AS, tergerus reli dollar AS di tengah kekhawatiran keluarnya Inggris dari dari Uni Eropa.
Dollar AS naik 0,2 persen pada $ 1,12 terhadap euro, seperti juga pasar saham dan pasar global lainnya yang tertekan kekuatiran bahwa Inggris akan memilih dalam seminggu ini untuk meninggalkan Uni Eropa, memicu perlambatan ekonomi global.

Harga minyak mentah berjangka AS berakhir turun di $ 46,21 per barel, turun $ 1,80, atau 3,8 persen.

Sedangkan harga minyak mentah berjangka Brent turun $ 1,67, atau 3,4 persen, pada $ 47,29. Mencapai sesi rendah pada $ 47,09 ditandai harga terendah sejak 12 Mei setelah menyentuh delapan bulan tinggi hampir $ 53 per barel pekan lalu.

Hasil ini menandakan hari keenam penurunan sebagai terpanjang untuk minyak mentah berjangka sejak Januari.

Juga membebani harga minyak adalah penarikan lebih rendah dari perkiraan dalam persediaan minyak mentah AS terlepas dari puncak musim panas yang mendorong permintaan di Amerika Serikat.

Dengan seminggu sebelum referenduk Inggris apakah untuk meninggalkan Uni Eropa atau tidak, minyak dan pasar lainnya tetap mengikuti jajak pendapat, yang terlihat bahwa dukungan “meninggalkan” semakin menjadi mayoritas.

Saham Eropa juga meluncur pada Kamis setelah Bank of Japan menahan diri dari mengambil langkah-langkah stimulus lebih lanjut, beberapa jam setelah Federal Reserve AS menyatakan catatan berhati-hati pada prospek kebijakan.

Dolar AS juga didukung oleh petunjuk dari Federal Reserve pada Rabu bahwa mungkin ada dua kenaikan suku AS tahun ini meskipun pertumbuhan lebih lambat dari perkiraan. Dolar yang lebih kuat membuat minyak dan komoditas lainnya harga di greenback kurang menarik bagi pemegang euro dan mata uang lainnya.

Penarikan persediaan minyak mentah AS selama satu bulan terakhir belum memberikan banyak dukungan untuk harga minyak. Administrasi Informasi Energi AS mengatakan persediaan minyak mentah domestik turun 933.000 barel pekan lalu, kurang dari setengah 2,3 juta barel perkiraan penurunan.

Pada hari Kamis, perusahaan intelijen pasar Genscape melaporkan penurunan dari 76.317 barel dalam persediaan di titik pengiriman Cushing, Oklahoma untuk WTI berjangka selama seminggu hingga 14 Juni. Pada minggu sebelumnya hingga 7 Juni Genscape melaporkan penarikan 299.058 barel di Cushing.

Harga minyak mentah berpotensi bergerak turun dengan sentimen kekuatiran Brexit. Harga akan menembus kisaran Support $ 45,70- $ 45,20, dan jika harga naik akan menembus kisaran Resistance $ 46,70 – $ 47,20. [SOLID GOLD BERJANGKA]

http://vibiznews.com/2016/06/17/harga-minyak-mentah-merosot-2-persen-tergerus-penguatan-dollar-as-akibat-brexit/