waisak

Tanggal 15  Mei 2014, saudara kita yang beragama Budha memperingati Hari Raya Waisak. Mungkin banyak di antara kita yang masih belum paham apakah waisak itu? Maka marilah kita sama-sama mencari tahu tentang hari raya waisak.

Peringatan Waisak yang dirayakan oleh seluruh umat Buddha di dunia didasari oleh peringatan tiga peristiwa penting dalam kehidupan Buddha Sakyamuni. Tiga peristiwa penting ini kemudian dikenal sebagai Hari Tri Suci Waisak yang biasanya jatuh pada bulan Mei atau Juni pada bulan Waisaka purnama sidhi. 

Adapun Tri Suci Waisak adalah: 

1. Kelahiran Pangeran Sidharta

2. Pencapaian Penerangan Sempurna

3. Pencapaian Parinibbana

Hari suci Waisak merupakan hari yang keramat bagi umat Buddha. Hari yang keramat ini pun mengajak umat Buddha untuk menelaah kehidupan masing-masing, untuk senantiasa berpedoman kepada Buddha Dhamma. Sang Buddha memang telah lama mangkat ( tahun 543 Sebelum Masehi ). Namun, hingga kini ajaran Sang Buddha atau Buddha Dhamma tetap abadi. Buddha Dhamma yang dilaksanakan dengan baik akan mencegah manusia dari kemerosotan nilai-nilai moral dan keterjerumusan dalam jurang kebobrokan. Buddha Dhamma tetap merupakan pedoman hidup yang ampuh dalam perjuangan menghadapi dan mengatasi segala tantangan kehidupan.

 

 

Tiap-tiap manusia berjuang untuk mencapai puncak tujuan. Dalam perjuangan itulah, manusia menghadapi tantangan-tantangan, persoalan, dan kesulitan. Tantangan kehidupan ini seringkali menggoncangkan semangat manusia. Namun, peristiwa Suci Waisak akan menumbuhkan semangat baru pada umat Buddha dalam perjuangan menghadapi segala tantangan. Oleh sebab itu, janganlah berpaling dari Buddha Dhamma. Bila umat Buddha telah berpaling dari Buddha Dhamma, maka semua ketegangan, konflik batin, frustasi, malapetaka, dan kejahatan akan timbul.

Berbahagialah umat Buddha yang sampai saat ini masih dapat menemui Dhamma yang maha luhur itu. Dhamma yang dibabarkan oleh Sang Buddha itu dapat diringkas menjadi tiga kalimat sederhana, tetapi sungguh ampuh dan keramat, yaitu :

 

1. Janganlah berbuat jahat.

2. Tambahlah kebaikan.

3. Sucikanlah hati dan pikiran.

 

  Selamat Hari Raya Waisak 2558