SOLID GOLD BERJANGKA – Napoleon Bonaparte, Kaisar Prancis yang bangkit dari kedudukan sebagai prajurit infantri biasa berlatar belakang keluarga miskin di Corsica, memiliki moto yang terkenal untuk menggambarkan semua pencapaiannya: “dalam kamusku tak ada kata ‘tidak mungkin’!” Sebagai motivasi bisnis, kata ini sangat ampuh untuk mendorong semangat Anda dalam hal mencoba hal-hal baru serta menghadapi tantangan dan badai persaingan dalam bisnis.

Sekuat apakah dampak tindakan sederhana seperti menghilangkan kata-kata negatif dari benak Anda? Ternyata dampaknya tak begitu sederhana. Setidaknya, Anda bisa melihat sendiri bagaimana pencapaian dari pencetus moto ini, Napoleon.

 

‘Tidak Mungkin’ Hanya Anggapan Orang

Setiap orang yang mengetahui nama Napoleon mungkin hanya mengenalnya sebagai Kaisar Prancis dan salah satu komandan perang Eropa terhebat yang bisa memutuskan strategi perang setelah pengamatan sekian menit saja. Tetapi, latar belakangnya tidak glamor; ia adalah anak dari sebuah keluarga miskin di Corsica, dan ia sering diejek saat masuk akademi militer karena logat dan gaya bicaranya dianggap aneh.

Tetapi, sementara teman-temannya yang dari keluarga berada bersekolah dengan santai dan bersenang-senang di waktu luang, Napoleon menghabiskan waktu luangnya dengan membaca segala macam buku serta belajar bahasa asing. Konon, di akhir pekan, ia sering memelajari sebuah topik atau bahasa asing selama 8 jam. Karena berasal dari keluarga miskin yang sering dihina, Napoleon lalu menetapkan ambisi untuk menjadi orang dengan jabatan tinggi dalam dunia militer.

Semua orang tentu saja mengejeknya, namun setelah berhasil menggunakan kepandaiannya dalam mengatasi beberapa misi dari negara, termasuk penaklukan pasukan Austria yang hendak menguasai Italia, Napoleon berhasil meraih jabatan yang diinginkannya bahkan kemudian bisa menjadi kaisar. Jadi, ada motivasi bisnis yang bisa kita ambil dari sini: bagi Napoleon, ‘tidak mungkin’ hanyalah anggapan orang, karena hanya dia sendiri yang tahu bahwa dalam kamusnya kata tersebut tidak ada!

 

Hilangkan ‘Tidak Mungkin’ dari Kamus Anda Sendiri

Berapa di antara Anda yang memiliki cita-cita tinggi seperti Napoleon, di mana Anda ingin meraih sesuatu yang besar dari langkah kecil? Apakah ada orang yang menyebut bahwa hal yang Anda perjuangkan itu tidak mungkin, ataukah ANda sendiri yang menekankannya ke diri sendiri? Kata ‘tidak mungkin’ seharusnya adalah kata-kata yang logis, yang menggambarkan sesuatu yang karena suatu hal seperti hukum fisika tak akan bisa terjadi, misalnya batu berubah menjadi air seperti layaknya es yang mencair.

Akan tetapi, dunia bisnis bukan dunia logis. Dalam bisnis, segala hal tergantung dari usaha, inisiatif, semangat dan motivasi bisnis pemikiran dan ide; pendek kata, hal-hal yang bersifat tidak berwujud sehingga bisa dibentuk dan dikombinasikan sedemikian rupa untuk menghasilkan kesuksesan atau kegagalan. Bagaimana mungkin menetapkan hukum fisika dalam hal-hal ini? Jika Anda menerapkan kata ‘tidak mungkin’ pada sesuatu yang bergantung pada konsep serta cara berpikir, maka makna’ tidak mungkin’ itu yang akan terwujud. Anda bisa melihat buktinya dari Napoleon; pemuda miskin dari Corsica yang bisa menjadi kaisar Prancis di usia 40-an, dengan kemauannya menolak kata tidak mungkin.

Sebagai motivasi bisnis, hilangkan kata ‘tidak mungkin’ dari benak Anda, terutama jika Anda baru hendak mencoba sesuatu dan belum melakukan apa-apa. Jika Anda belum apa-apa sudah berkata tidak mungkin, maka Anda tanpa sadar akan membatasi usaha Anda sendiri. Namun jika Anda menguatkan diri sendiri dengan berkata ‘semuanya mungkin’ dan ‘aku pasti bisa,’ keadaan benar-benar akan menjadi lain.