Solid Gold Berjangka – Tubuh kita membutuhkan energi untuk bisa beraktivitas dengan baik dan maksimal. Tanpa energi, tentu tubuh akan lemah dan Anda menjadi malas untuk melakukan apapun. Karena itu, penggunaan energi harus efektif agar Anda bisa beraktivitas dengan optimal dalam seharian.

Di saat Ramadan seperti ini, energi juga menjadi hal penting yang harus dijaga agar tak sampai terbuang sia-sia. Karena itu, perlu diketahui beberapa kegiatan yang bisa menguras energi. Kurang tidur bukan satu-satunya penyebab energi terkuras. Masih ada banyak kegiatan lain yang perlu Anda hindari karena bisa menguras energi, contohnya kebiasaan berikut ini, seperti dilansir oleh Fox News (09/07).

1. Kurang minum

Minum air tak hanya penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan kebugaran. Tubuh kita memerlukan air untuk tetap sehat dan berenergi. Ketika tubuh kekurangan cairan, tingkat energi kita akan menurun. Anda mungkin terkejut dengan fakta ini. Namun dehidrasi memang bisa membuat darah menjadi lebih kental.

Ketika darah mengental, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa oksigen dan nutrisi pada otot serta organ lainnya. Hasilnya, energi dalam tubuh pun terkuras untuk pekerjaan internal tubuh Anda. Lambat laun Anda akan menjadi lebih mudah lelah. Karena itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh, minum air dengan takaran yang cukup dalam sehari agar energi tak cepat terkuras.

2. Melewatkan sarapan

Banyak orang yang melewatkan sarapan hanya karena mereka sedang berdiet. Namun tahukah Anda bahwa melewatkan sarapan ternyata tak hanya buruk untuk kesehatan, buruk untuk diet, tetapi juga bisa menguras energi? Ketika melewatkan sarapan, Anda justru akan mengonsumsi lebih banyak kalori di siang hari, sehingga ini justru berimbas buruk untuk diet. Di lain sisi, melewatkan sarapan juga bisa menguras energi dan membuat Anda lemas seharian.

Tubuh kita mengandalkan sarapan di pagi hari untuk memulai metabolisme setelah tidur di malam hari. Tubuh kita tetap membakar makanan dan nutrisi bahkan ketika kita tidur. Karena itu, saat bangun tidur di pagi hari, kebanyakan kita kekurangan nutrisi dan energi. Sarapan sangat penting untuk kembali mengisi nutrisi dan makanan yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi. Melewatkan sarapan akan membuat tubuh cepat kehilangan energi dan tak bisa memproduksi energi lagi seharian.

3. Minum alkohol sebelum tidur

Beberapa orang suka bersantai dan minum alkohol sebelum mereka tidur. Biasanya hal ini untuk membuat mereka lebih tenang setelah seharian beraktivitas. Namun kebiasaan ini bisa merugikan untuk kesehatan. Minum alkohol sebelum tidur bisa mengganggu tidur malam Anda.

Alkohol akan menekan sistem saraf dan membantu Anda tidur lebih cepat. Namun ketika alkohol mulai dicerna dalam tubuh pada malam hari, Anda akan segera terbangun karena adanya lonjakan energi yang besar. Pada akhirnya, Anda tak akan bisa tidur dengan nyenyak dan energi Anda terkuras hingga keesokan harinya.

4. Begadang di akhir pekan

Akhir pekan adalah saat ketika banyak orang bersantai. Karena itu banyak orang yang menganggap bahwa begadang di akhir pekan bukanlah tindakan yang buruk. Lagipula keesokan harinya Anda tak perlu bangun pagi untuk bekerja. Namun kebiasaan semacam ini ternyata bisa berimbas buruk untuk kebugaran tubuh.

Begadang di akhir pekan dan tidur hingga siang hari ketika liburan akan mengubah siklus tidur dan mengganggu keseimbangan tubuh Anda. Ketika akan memulai minggu yang baru di hari Senin Anda akan merasa sangat lelah. Karena itu, menjaga siklus bangun tidur tubuh agar tetap seimbang dan tidak terganggu penting untuk menjaga energi dalam tubuh.

5. Bermain telepon genggam di malam hari

Saat ini telepon genggam dan smartphone adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan setiap orang. Tak jarang ada orang yang begitu ‘menempel’ pada smartphone mereka hingga mereka tetap menggunakannya meski saat sudah akan tidur. Padahal menggunakan smartphone di malam hari sebelum tidur bisa berimbas buruk untuk kesehatan.

Lampu yang dihasilkan oleh smartphone dan barang elektronik lain yang ada di dalam kamar tidur Anda seperti televisi atau tablet bisa merusak siklus tidur. Tubuh biasanya mengenali cahaya sebagai waktu untuk bangun dan kegelapan sebagai waktu untuk tidur. Cahaya yang dihasilkan oleh smartphone akan membuat Anda terbangun lebih lama sehingga mengganggu siklus tidur dan menguras energi Anda.

Kini Anda mengetahui apa saja kebiasaan yang bisa menguras energi dan membuat Anda cepat lelah. Langkah terbaik untuk mengatasi kekurangan energi akibat hal-hal tersebut adalah mengonsumsi makanan yang tepat, yaitu makanan yang kaya serat namun memiliki tingkat gula yang rendah. Beberapa makanan tersebut antara lain adalah tomat, blueberry, walnut, dan oat.

Perlu diperhatikan bahwa energi tak hanya tentang kekuatan fisik, melainkan juga kesehatan pikiran. Anda bisa meningkatkan energi yang berimbas pada kesehatan mental dengan berjalan-jalan, melakukan meditasi, berolahraga, dan lainnya.