PT.SolidGoldSemarang~ Indeks Berjangka China melemah ditengah kekhawatiran gain yang tercatat saat ini pada indeks acuan tersebut telah sangat tinggi setelah penawaran saham baru diperkirakan akan mengalihkan dana-dana dari ekuitas yang ada.

Kontrak berjangka pada Indeks CSI 300 yang akan berakhir Januari mendatang turun 0.1% ke level 3,358.80 pukul 9:20 pagi waktu lokal.

Kemarin Indeks Shanghai Composite melemah 0.1% ke level 3,057.52, memangkas gain pekan ini sebesar 4.1%. Kontribusi penjualan saham baru yang tinggi dalam setahun terakhir telah mengunci dana-dana. Sebanyak 6 perusahaan seperti Guosen Securities Co. dan Sinomine Resource Exploration Co. akan melakukan IPO (initial public offering) pada hari ini mengikuti penjualan kemarin oleh Sunflower Pharmaceutical Group Co. Sebanyak 3 perusahaan lebih akan melakukan IPO pada pekan depan dan 2 perusahaan pada Januari 2015. Para investor diperkirakan akan menempatkan dana sebesar 3 triliun yuan ($483 miliar) dari 12 IPO, menurut perkiraaan dari Shenyin & Wanguo Securities Co.

Indeks Hang Seng China Enterprises Hong Kong menguat 0.5%. Indeks CSI 300 melemah 0.4%. Indeks Hang Seng catat gain 1.1%. Indeks Ekuitas AS-China Bloomberg naik 0.8% di New York. (bgs)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer