Hasil gambar untuk Indeks Inflasi BOJ Melambat ke Angka Nol

PT.SolidGoldSemarang~ Indeks utama inflasi BOJ melambat ke angka nol, akibat harga minyak yang lebih murah melawan upaya Gubernur Haruhiko Kuroda untuk reflate ekonomi.

Harga konsumen tidak termasuk makanan segar dan efek dari peningkatan penjualan pajak tahun lalu tidak berubah di bulan April dari tahun sebelumnya. Termasuk retribusi, harga inti naik 0,3%, kata biro statistik pada hari Jumat. Hal tersebut sudah melebihi perkiraan kenaikan 0,2% oleh para ekonom.

Kuroda mempersiapkan pertempuran yang lebih lama untuk mendorong perekonomian Jepang setelah bulan lalu mendorong kembali waktu untuk mencapai target 2%. Sementara itu ia telah memperingatkan penurunan sementara harga, dia berspekulasi bahwa pertumbuhan yang kuat didorong oleh penurunan minyak mentah yang membebani harga sekarang, pada akhirnya akan memacu inflasi di negara dengan perekonomian ketiga terbesar di dunia.

“Inflasi akan tetap tenang untuk sementara waktu,” Tomo Kinoshita, ekonom dari Nomura Holdings Inc, sebelum rilis laporan tersebut. “BOJ akan memperluas kebijakannya lagi.”

Efek dari kenaikan pajak tahun lalu bertahan di bulan April, menambahkan 0,3 persentase poin ke harga konsumen inti, menurut bank sentral.(frk)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer