PT.SolidGoldSemarang~ Indeks Manufaktur China turun ke level 7 bulan terendahnya pada bulan Desember, menunjukkan diperlukan stimulus lebih lanjut untuk menghentikan perlambatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Indeks Pembelian Manajer (PMI) awal ‘dari HSBC Holdings Plc dan Markit Economics berada di angka 49,5, tidak sesuai perkiraan rata-rata dari angka 49,8 menurut survei Bloomberg dan lebih rendah dari bulan lalu sebesar 50,0. Angka di bawah 50 menunjukkan kontraksi.

Ekonomi China melambat pada bulan November lalu seiring penutupan pabrik diperburuk melemahnya permintaan. Produk domestik bruto (PDB) Bloomberg berada pada angka 6,78 % tahun-ke-tahun pada bulan November lalu, turun dari 6.91 % pada Oktober dan bulan keempat di bawah 7 %, menurut pembacaan awal.

Produksi pabrik melonjak sebesar 7,2 % dari tahun sebelumnya, penjualan ritel naik 11,7 %, dan investasi aset tetap meningkat 15,8 % pada Januari sampai November dari tahun sebelumnya, menurut data resmi pekan lalu. Pemerintah memerintahkan beberapa pabrik yang berada di Beijing dan provinsi sekitarnya untuk ditutup selama forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik pada awal November untuk mengurangi tingkat polusi.

Laporan hari ini, yang dikenal sebagai PMI Flash, biasanya didasarkan pada 85 % menjadi 90 % dari respons terhadap survei yang dikirim ke manajer pembelian di lebih dari 420 perusahaan. (knc)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer