Saham-saham AS naik menyebabkan Indeks Standard & Poor 500 dari sepanjang level tertingginya, seiring rilis data ekonomi yang mendorong optimisme dalam perekonomian di tengah spekulasi Federal Reserve akan memulihkan perekonomian.

Indeks S & P 500 melonjak sebesar 0,3 persen ke level 1,991.46 pukul 12:23 waktu New York. Indeks Dow Jones Industrial Average menguat sebesar 70,96 poin, atau 0,4 persen, ke level 17,050.09, naik di atas 17.000 untuk pertama kalinya sejak 29 Juli lalu. Perdagangan saham perusahaan di indeks S & P 500 sebesar 19 persen di bawah rata-rata 30-hari untuk hari ini.

Indeks S & P 500 mengalami rebound 4,3 persen dari level terendahnya dalam tiga bulan terakhir sejak 7 Agustus lalu terkait para investor memperkirakan bank sentral akan mempertahankan tingkat suku bunga rendah ketika adanya tanda-tanda pemulihan perekonomian.

Hasil pertemuan bulan Juli lalu The Fed akan merilis para pejabat bahwa akan meningkatkan kemungkinan stimulus agresif yang akan berakhir lebih cepat dari yang diperkirakan, bahkan saat mereka mengakui melemahnya pasar tenaga kerja. Bank sentral mungkin akan mengakhiri program pembelian aset pada pertemuan bulan Oktober mendatang, menurut data yang survei oleh Bloomberg terhadap para ekonom. (knc)

Sumber : Bloomberg