Indeks Topix Jepang mencatatkan penurunan beruntun terpanjang sejak Januari karena pasar memulai kembali perdagangan setelah libur selama tiga hari Jelang laporan pekerjaan AS dan karena investor menunggu tanda-tanda apakah pemerintah akan bertindak untuk menstabilkan yen.

Indeks Topix turun 0,1 persen menjadi 1,298.32 pada penutupan perdagangan di Tokyo, memperpanjang penurunan sampai enam hari berturut-turut, terpanjang sejak bentangan serupa pada 12 Januari. Indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,3 persen menjadi 16,106.72. Selama tiga hari penutupan pasar saham Jepang, MSCI All Country World Index turun lebih dari 2 persen. Yen diperdagangkan di 107,20 per dolar pada hari Jumat. Mata uang menguat sebesar 105,55 selama liburan dan kemungkinan lebih banyak lagi kelemahan tergantung pada data payrolls AS, Jumat ini.

Kontrak pada S&P 500 kehilangan 0,1 persen setelah indeks yang mendasari turun kurang dari 0,1 persen pada Kamis menjelang data pekerjaan hari Jumat. Indeks acuan diperdagangkan mendekati level terendah dalam hampir sebulan terakhir.(frk)

Sumber: Bloomberg