Tombol darurat untuk cegah aksi pelecehan seksual atau perkosaanBanyaknya kasus pelecehan seksual, kekerasan sampai dengan pembunuh yang terjadi di banyak negara sekarang-sekarang ini, membuat sebuah kelompok sosial bernama Amnesty International ini menciptakan satu aplikasi yang boleh dikatakan sangat bermanfaat.

Amnesty International mengumumkan bahwa mereka telah merilis satu aplikasi yang berfungsi sebagai tombol gawat darurat. Dengan menekan tombol ini yang tersemat di dalam perangkat mobile, maka korban akan dapat dengan langsung menghubungi dan memberitahukan bahwa dirinya sedang dalam bahaya.
Cara kerja dari tombol ini adalah setelah penggunanya menginstal aplikasi tersebut di perangkatnya, maka akan muncul kolom-kolom nomor telepon penting yang akan mendapatkan pemberitahuan berupa SMS ketika tombol tersebut ditekan. Di dalam pemberitahuan tersebut, akan muncul pesan serta peta di mana sang korban saat itu berada.

Aplikasi hasil kerja sama antara Amnesty International dengan iilab, banyak aktivis serta pakar teknologi dari seluruh dunia ini sekarang telah tersedia di Google Play . Sayangnya, aplikasi yang dinamakan Panic Button ini belum tersedia untuk platform selain Android. Bagi yang berminat dan ingin mengunduhnya dapat mengunjungi website resmi Amnesty International.