Solid Gold Berjangka – Beruntunglah Anda yang tidak memiliki masalah kesulitan tidur di malam hari, sebab ada beberapa orang yang masih mengalami insomnia sampai saat ini. Lantas apakah insomnia termasuk penyakit yang berbahaya atau hanya sekedar gejala gangguan tidur biasa? Simak penjelasan lengkapnya seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.
PengertianInsomnia adalah kondisi dimana seseorang susah tertidur dan juga tidak bisa merasa nyenyak ketika tertidur. Ada tiga jenis insomnia yang bisa dialami, yaitu insomnia ringan yang bertahan beberapa hari, insomnia akut yang berlangsung selama beberapa minggu, serta insomnia kronis yang menyerang berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.
GejalaApabila Anda mengidap insomnia, maka Anda akan mudah terbangun, merasa lelah setelah tidur, merasa uring-uringan, cemas, dan stres. Gejala lainnya meliputi menurunnya konsentrasi, sakit kepala, dan juga gangguan pencernaan.
SebabAda banyak sebab yang membuat Anda mengalami insomnia, misalnya obat-obatan, alkohol, rokok, perubahan suhu, masalah psikologis, perubahan hormon, kehamilan, dan bahkan gen yang diturunkan.
PengobatanAda dua cara utama yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan insomnia, yaitu dengan meditasi dan makanan. Meditasi atau yoga bisa membantu menenangkan pikiran, sementara makanan akan membuat Anda lebih nyenyak dalam tidur. Makanan yang membuat tidur lebih nyenyak diantaranya adalah almond, produk susu, dan juga telur.
Insomnia sendiri sebenarnya bukan penyakit, namun jika pengobatan pribadi tidak berhasil dan malah menimbulkan sakit di dada serta menganggu pekerjaan, maka bisa saja insomnia telah berubah menjadi salah satu masalah penyakit yang serius. Apabila hal tersebut terjadi, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.