PT SOLID GOLD BERJANGKA – Seberapa besar Internet itu?

PT SOLID GOLD BERJANGKA LAMPUNG – Mungkin sebagian dari kalian udah pernah mendengar ukuran dari internet, memang benar di zaman digital seperti sekarang data sudah tersebar dimana – mana dan siap di mining. bahkan saking banyaknya data tersebut kita sampai bingung cara menggunakanya dengan optimal, semua terkumpul dan bisa di dapatkan dengan mudah di internet tapi sebesar apakah internet bisa berkembang??

PT SOLID GOLD BERJANGKASemua berawal dari ketika Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk jaringan internet pertama pada tahun 1969 yang dinamakan ARPANET, berawal dari 4 situs yang di buat pada tahun 1992 sudah lebih dari 1 juta komputer dan 3000 halaman terhubung.

Internet Sekarang

Pada tahun masa sekarang menuruti situs worldwidewebsize, pada hari ini (17 september 2016) ada sekitar 4.17 Miliar webpages online, atau bila kita mengibaratkan sebuah halaman itu adalah nasi bungkus rendang kita bisa memberi makan setengah dari polulasi dunia. Jumlah ini cukup banyak karena belum termasuk Deep Web maupun halaman lain yang tidak terindex oleh mesin pencari seperti google.

PT SOLID GOLD BERJANGKATerasa cukup besar? sayang tapi itu belum lah akhir dari pertumbuhan internet. seperti yang kita ketahui pertumbuhan internet sagat pesat akhir akhir ini apalagi setelah semakin banyaknya pengguna 4G yang membuat kita semakin mudah mengakses internet, website kaskus sendiri mungkin bisa mendapatkan puluhan juta pageview perharinya. Pada tahun 2014 sebuah penelitian mengungkapkan kalau kapasitas penyimpanan internet di dunia sebesar 1.000.000.000.000.000.000 bytes atau (1 miliar miliar bytes *iya miliyarnya 2 kali*) dan karena saya yakin kalian tidak akan membaca angka yang telalu banyak nol kita dapat menyingkatnya menjadi 1 yottabytes.

Pertumbuhan internet kita juga tidak sedikit, menurut Cisco’s Visual Networking Index initiative, kita sudah memasuki “era zettabyte” dimana pada akhir tahun 2016 internet traffic dunia akan mencapai 1,1 zettabytes pertahun. satu zettabytes itu setara dengan 36.000 tahun durasi video kualitas HD.

btw ukuran suatu data terbesar adalah Geopbytes, 1 Geopbytes sendiri setara dengan

1.267.650.600.228.229.401.496.703.205.376 bytes

yah saya yakin hanya ada 1 % orang yang baca angka angka itu, lagian belum diketahui kenapa ilmuan menciptakan satuan itu padahal mungkin manusia yang hidup hari ini kemungkinan tidak akan pernah melihat data sebesar itu.

 

Ukuran nyata internet

Ya internet itu sebuah benda yang besar dan ada di sekitar kita walaupun kita tidak bisa melihatnya, tapi bagaimana kalau seluruh data di internet kita jadikan hardcopy?? jangan khawatir pada tahun 2015 penelitian yang menghasilkan jurnal How much the amazon would it take to print the internet memperkirakan bahwa hanya membutuhkan 2 % dari hutan amazon untuk memprint out keseluruhan internet (termasuk deepweb), dengan mengasumsikan rata rata website dapat di print di 30 lembar kertas A4 dan menghasilkan 13.600.000.000.000 lembar kertas. lalu Washington Post berpendapat lain dengan mengatakan bahawa rata rata website hanya membutuhkan 6.5 lembar kertas dan menghasilkan 305.5 Miliar lembar untuk di print.

Tapi kalau di print belum termasuk data source yang ada pada website secara online. Karena pada tahun 2011 pernah seorang bernama Hilbert mencoba memvisualisaikan internet ke dunia nyata melalui CD-ROM, dengan esiminasi besarnya data internet (setelah terkompres) sebesar 295 exabytes menghasilan tumpukan CD-ROM setinggi jarak bumi-bulan dan masih sisa seperempatnya atau jumlahnya sekitar 480,590 km (jarak bumi-bulan 384,400 km).

PT SOLID GOLD BERJANGKA

Oleh karena itu dari sebesar itu data di internet yang dapat kita manfaatkan, jangan lah kita hanya memfaatkannya hanya untuk hal hal yang tidak berguna. kalau orang dulu sering mengatakan bahwa “buku adalah jendela dunia” kita yang hidup pada era ini dapat mengatakan bahwa “internet adalah pintu dunia”
PT SOLID GOLD BERJANGKA

Save

Save