SOLID GOLD BERJANGKA –¬†Salah satu elemen penting dalam investasi pialang berjangka adalah kerjasama antara sang investor dengan wakil pialang berjangkanya alias broker. Walau investasi ini sudah mulai populer di Indonesia walau baru dilakukan kalangan tertentu saja, investasi berjangka terkadang masih membuat orang agak ragu. Pasalnya, memang sulit mempercayakan uang kita pada satu orang (wakil pialang), padahal orang tersebut memang ahli di bidangnya.

Masyarakat Indonesia bisa jadi masih sering terpengaruh pada kisah-kisah seram tentang investor saham yang ditipu oleh wakil pialangnya, sehingga rugi puluhan bahkan ratusan juta. Dan seperti biasanya, pemberitaan negatif kerap menutupi pemberitaan positif, terutama mereka yang benar-benar bisa sukses secara finansial dari berinvestasi saham berjangka. Akibatnya, banyak yang ragu soal kredibilitas para wakil pialang berjangka.

Hal ini sebenarnya tak perlu dipertanyakan. Walau tak menutup kemungkinan ada wakil pialang berjangka yang nakal, anggaplah mereka oknum yang jumlahnya tak banyak, karena profesi ini tentu saja legal dan diakui. Malah, sebenarnya bukan hanya wakil pialang saja yang menentukan kesuksesan Anda dalam berinvestasi saham berjangka; masih ada jabatan formal lain yang bekerja di balik skema investasi saham Anda.

 

Siapa yang Mengatur Dana Investasi Anda?

Ketika Anda mulai menggunakan uang untuk melakukan investasi saham berjangka atau investasi sejenis, sesungguhnya ada tiga pihak yang terlibat dalam pengelolaan uang dan pergerakan saham Anda, yaitu:

  • Wakil pialang atau broker, yaitu mereka yang menangani transaksi antara Anda dan perusahaan pialang, dan setiap tindakannya mewakili perusahaan yang menjadi tempatnya bekerja.
  • Wakil pengelola sentra dana pialang berjangka, yaitu mereka yang fungsinya kurang lebih sama dengan wakil pialang, tetapi hanya untuk mereka yang berinvestasi pada sentra dana (berjangka).
  • Wakil penasihat dana berjangka, yaitu mereka yang bertindak sebagai penasihat soal transaksi dan seluk-beluk investasi pada komoditas, yang menggunakan kontrak berjangka.

Ketiga perwakilan investor pialang berjangka ini membantu Anda dalam bidang berbeda sesuai dengan jenis investasi berjangka yang Anda ambil, namun semuanya memiliki kesamaan; semua profesi formal yang harus didapat dengan ujian yang sulit serta proses perijinan yang tak sembarangan. Karena itu, seharusnya masyarakat bisa lebih memberikan kepercayaan kepada bentuk investasi ini jika ingin melakukan investasi yang resikonya tinggi tapi untungnya besar.

 

Apakah Persyaratan Menjadi Wakil Pialang Berjangka?

Untuk memberi Anda ilustrasi tentang sulitnya menjadi wakil pialang, coba kita lihat persyaratan yang harus mereka miliki. Pertama, para pialang berjangka ini harus sudah memiliki persyaratan tertentu bahkan sebelum mereka mengikuti ujiannya di Asosiasi Pialang Berjangka Indonesia. Selain persyaratan umum seperti keharusan menyiapkan biaya ujian dan mengisi formulir, para calon pialang minimal harus memiliki tingkat pendidikan DIII di bidang terkait plus sudah memiliki wawasan cukup luas atau pengetahuan formal mengenai seluk-beluk investasi dan perdagangan komoditas serta berjangka. Biaya ujiannya pun cukup lumayan yaitu 300 ribu rupiah, dan ujiannya hanya diselenggarakan di waktu-waktu tertentu.

Setelah ujian, masih ada lagi proses wawancara yang cukup rumit. Dengan semua persyaratan tersebut, wakil pialang yang serius tentu mempertaruhkan banyak hal. Jadi, kecenderungan wakil pialang melakukan penipuan hanyalah ulah oknum yang pemberitaannya kemudian dibesar-besarkan.

Ingat, investasi pialang berjangka masih menjadi salah satu jenis investasi paling digemari. Jadi, jangan sampai Anda kehilangan kesempatan mendapat untung lewat investasi berjangka hanya karena takut ditipu oleh wakil pialang yang sebenarnya oknum.