Jangan langsung minum kopi

setelah “bangun tidur!”

SOLID GOLD SMG- Bagi para pecinta kopi, melewatkan satu hari tanpa kopi bisa membuat hidup mereka serasa tak lengkap. Sementara kopi menyimpan banyak manfaat bagi tubuh, namun ada juga sisi negatif yang perlu diperhatikan dari mengonsumsi kopi. Kopi bisa mencegah diabetes, memberi asupan antioksidan, meningkatkan energi, menurunkan risiko kanker lever, mulut, dan kulit. Di sisi lain, kopi juga mengandung kafein yang perlu diperhatikan kadarnya.

Selain kandungan dalam kopi itu sendiri, yang perlu diperhatikan seseorang sebelum mengonsumsi kopi adalah waktu konsumsinya. Selama ini banyak orang mengonsumsi kopi langsung ketika mereka bangun tidur. Padahal ini adalah salah satu waktu yang salah untuk mengonsumsi kopi.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat optimal dari kopi di pagi hari, jangan langsung minum kopi setelah bangun tidur. Tunggu beberapa jam setelah bangun tidur. Misalkan jika Anda bangun pukul 7 pagi. Maka sebaiknya minum kopi pukul 08.30. Mengapa demikian?

Ketika bangun tidur, tubuh akan langsung memproduksi dan mengeluarkan hormon yang disebut hormon cortisol (hormon stres). Hormon ini akan memberikan energi pada seluruh organ tubuh untuk mulai bekerja dan berfungsi. Hormon cortisol adalah peningkat energi alami yang dimiliki tubuh, seperti dilansir oleh Daily Health Post (16/09).

Jika Anda mengonsumsi kopi langsung di pagi hari setelah bangun tidur, tubuh akan mendapatkan asupan energi yang sia-sia, karena sebenarnya tubuh tidak membutuhkannya. Jika Anda menunggu hingga satu setengah jam kemudian, waktunya akan tepat dengan energi alami tubuh yang mulai menurun.

Selanjutnya, saat yang paling tepat untuk minum kopi adalah di pertengahan hari, yaitu sekitar pukul setengah dua siang hingga pukul lima sore. Ini akan memberikan kesempatan bagi hormon cortisol untuk memberikan energi tubuh pada pukul 12.00 sampai satu siang. Selain itu, mengonsumsi kopi pada jam itu akan mencegah Anda mengalami insomnia, karena jarak antara waktu minum kopi dengan waktu tidur masih lama.

Jangan konsumsi kopi pada pukul setengah enam malam hingga setengah tujuh malam, karena saat itu hormon cortisol sedang aktif untuk memberikan asupan energi alami pada tubuh. Minum kopi pada jam tersebut juga akan membuat Anda kesulitan tidur di malam harinya. Setidaknya minum kopi maksimal enam jam sebelum jam tidur.
baca Disclaimer