PT.SolidGoldSemarang~ Bursa Saham Jepang menguat pada hari ke-2, kenaikan dipimpin oleh saham-saham perusahaan produsen baja, kenaikan tersebut juga ditengah kenaikan yen terhadap dolar menjelang pertemuan BOJ (Bank of Japan).

Indeks Topix menguat 0.3% ke level 1,376.67 pukul 9:01 pagi ini waktu Tokyo, dengan 29 dari 33 grup industri menguat. Sementara Indeks Nikkei 225 Stock Average catat gain 0.4% ke level 17,085.56. Sedangkan yen melemah 0.1% ke level 117.71 per dolar. Hari ini kontrak berjangka pada Indeks Standard & Poor 500 melemah 0.2%. Senin lalu Bursa Saham AS libur untuk memperingati Martin Luther King Day.

Pertemuan BOJ hari ini dan besok di Tokyo dengan 33 survei ekonom oleh Bloomberg News memperkirakan bahwa tidak ada perubahan terkait kebijakan moneter pasca BOJ mendorong program pembelian obilgasi pada Oktober tahun lalu. Sedangkan ECB (European Central Bank) juga akan mengadakan pertemuan pada 22 Januari mendatang, dengan spekulasi ECB akan mengumumkan kebijakan stimulus tambahan. Di lain pihak hari China dijadwalkan akan merilis data GDP, produksi industri dan penjualan ritel setelah memperketat aturan margin trading menyebabkan ekuitas bergejolak. (bgs)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer