Bursa Hong Kong naik, mengirim indeks acuan menuju kenaikan dua pekan, di tengah optimisme ekonomi AS menjelang pidato ketua Federal Reserve Janet Yellen dan para gubernur bank sentral hari ini.

Saham Cina Rongsheng Heavy Industries Group Holdings Ltd naik 7,9% setelah pihaknya setuju untuk membeli ladang minyak Kyrgyzstan. Comba Telecom Sistem Holdings Ltd melonjak 7,7% setelah perusahaan pemasok perangkat jaringan nirkabel mengalami ayunan pendapatan pada semester pertama. Li & Fung Ltd turun 4,4% setelah pemasok pakaian dan mainan untuk pengecer terbesar di dunia tersebut mengatakan kondisi di pasar utama tetap memberi tantangan.

Indeks Hang Seng naik 0,35 ke level 25,073.76 pada sesi istirahat di Hong Kong, menuju kenaikan 0,5% di minggu ini dan perdagangan saham mendekati level tertinggi enam tahun. Indeks Hang Seng China Enterprises, juga dikenal sebagai indeks H-share, hari ini naik 0,6% ke level 11,004.94. Sementara spekulasi The Fed yang berkomitmen untuk mendukung penguatan ekonomi mengirim indeks Standard & Poor 500 ke level tertinggi sepanjang masa kemarin.

Para investor mengkaji rebound indeks H-share sebesar 19% kemarin dari level terendah di Maret akankah terus belanjut pasca rilis data China dari kegiatan pabrik samapi pertumbuhan kredit yang meleset dari perkiraan, memberi tekanan terhadapa para otoritas untuk meningkatkan stimulusnya.

Indeks saham diperdagangkan pada 7,6 kali estimasi laba per penutupan terakhir, dibandingkan dengan 11,5 untuk Indeks Hang Seng dan 16,7 pada indeks Standard & Poor 500.(yds)

Sumber: Bloomberg