Rupiah Bisa Menguat jika Ekonomi AS Tak Sesuai Harapan  PT.SolidGoldSemarang~ Nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika (USD) bisa kembali menguat apabila pemulihan ekonomi AS tidak sesuai harapan.

“Kalau pemulihan ekonomi tidak sesuai harapan bisa saja The Fed menunda untuk menaikan suku bunganya yang artinya rupiah bisa menguat di bawah Rp12.000,” kata Kepala Ekonom BCA David Sumual kepada KORAN SINDO di Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Sementara itu, apabila terjadi penguatan pemulihan ekonomi AS, maka rupiah bisa melebihi level Rp12.400.

David mengungkap, sebenarnya kondisi saat ini merupakan cerminan dari fundamental ekonomi pada tahun 2015 mendatang, dimana rupiah sudah berada pada level Rp12.000-an.

Bahkan, lanjut dia, rupiah bisa saja ke level yang lebih lemah dari Rp12.000 jikalau pemerintahan Jokowi-JK gagal dalam hal mempercepat reformasi struktural serta perbaikan iklim bisnis.

“Ini kan yang dijanjikan dan kalau ini gagal maka ini tidak bisa diimbangi ketika portofolio investment keluar investasi langsungnya masih minim,” ujar dia.

Apabila di perhatikan, bukan hanya rupiah saja yang mengalami pelemahan. Bahkan, semua mata uang dunia melemah terhadap dolar.

“Jadi pelemahan rupiah itu karena kondisi perekonomian AS itu kecenderungan makin membaik. Data tenaga kerja itu menunjukan, penyerapan tenaga kerja di sana cukup baik, sehingga memicu spekulasi di market bahwa mereka bisa saja mempercepat kenaikan suku bunga,” terangnya.

sumber sindonews
 
baca Disclaimer

by : angga widianthara – solid gold