KETIKA 

Perempuan memasuki masa pubertas, sebaiknya tidak mengonsumsi terlalu banyak kopi. Pasalnya, kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan masalah pertumbuhan dan fungsi organ internal. Berikut beberapa dampak terlalu banyak mengonsumsi kafein bagi perempuan saat masa pubertas, seperti dilansir Boldsky, Senin (30/6/2014).
Tinggi risiko penyakit kardiovaskular

Menurut sebuah penelitian, perempuan pada masa pubertas yang terlalu banyak mengonsumsi kafein cenderung memiliki masalah kardiovaskular. Karenanya, wanita pada masa pubertas yang terlalu banyak mengonsumsi kafein lebih berisiko terkena penyakit jantung.

 

Siklus menstruasi tidak teratur

Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, peningkatan tekanan darah, dan nyeri selama menstruasi. Hal ini merupakan alasan bagi perempuan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein karena pubertas merupakan tahapan terpenting dari kehidupan yang siklusnya tidak boleh kacau.

 

Meningkatkan berat badan

Selama masa pubertas, berat badan cenderung meningkat dan terlalu banyak mengonsumsi kafein menyebabkan peningkatan lemak atau berat badan tidak sehat. Ketika berat badan sudah melonjak saat masa pubertas, maka perempuan cenderung membutuhkan waktu cukup lama untuk menurunkannya.

 

Ketidakseimbangan hormon

Satu hal yang harus diperhatikan ketika memasuki masa pubertas adalah perubahan hormon karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan. Selain itu, asupan kafein dapat menyebabkan perubahan dalam pola sekresi hormonal karena ada perubahan nyata pada detak jantung dan tekanan darah.