SGB LAMPUNG – Dolar AS akhirnya runtuh dengan NFP yang buruk di minggu yang padat sampai pada event besar ini. Apakah akan terjadi kerugian yang lebih besar terhadap dolar AS pada minggu ini? Pidato Janet Yellen dan Mario Draghi, keputusan tingkat bunga Australia dan Selandia Baru merupakan event yang menonjol. Inilah penggerak pasar minggu ini. Berikut ini adalah outlook dari event-event utama yang segera datang.

1. Janet Yellen Berpidato: Senin, 23:30. Gubernur Federal Reserve Janet Yellen akan berbicara mengenai outlook ekonomi dan kebijakan moneter di Philadelphia. Yellen kemungkinan akan berbicara mengenai kejatuhan di dalam laporan employment AS baru-baru ini dan memberikan petunjuk mengenai rencana kebijakan moneter the Fed di minggu-minggu yang akan datang.
2. Keputusan tingkat bunga Australia: Selasa, 1130. Reserve Bank of Australia memangkas tingkat bunga resminya sebesar 25 basis points di bulan Mei mencapai kerendahan historis sebesar 1.75 %. Pemangkasan tingkat bunga ini mengejutkan pasar.
3. Neraca Perdagangan Cina: Rabu, 9:00. Ekonomi Cina telah mengkuatirkan pasar cukup lama dengan aktifitas ekonominya yang menurun. Angka neraca perdagangan dan perubahan ekspor impor yang lebih tinggi adalah kabar yang baik buat dunia dan bagi matauang berbasis komoditi.
4. Keputusan tingkat bunga Selandia Baru: Kamis. 04:00. Reserve Bank of New Zealand mempertahankan tingkat bunganya di bulan April. Keputusan ini sesuai dengan prediksi pasar. Bank of NZ mengatakan bahwa kebijakan pelonggaran lebih jauh kemungkinan dibutuhkan untuk memastikan kecepatan inflasi mencapai tengah-tengah range yang ditargetkan.
5. Mario Draghi berpidato: Kamis, 14:00. President ECB Mario Draghi akan berbicara di Brussels Economic Forum. Setelah mempertahankan tingkat bunga tidak berubah di bulan Juni, Draghi meminta kesabaran dengan mengatakan keseimbangan resiko ekonomi telah membaik setelah langkah-langkah kebijakan moneter belakangan ini diambil.
6. Klaim pengangguran AS: Kamis, 19:30. Jumlah klaim pengangguran baru AS menurun sedikit pada minggu lalu menjadi 267.000, turun 1000 dari minggu lalu. Laporan ini membukukan penurunan mingguan untuk ketiga kalinya, menunjukkan pasar employment AS tetap kuat. Laporan minggu ini kemungkinan tertutup isu musiman Memorial Day.
7. Data employment Kanada: Jumat, 19:30. Kanada hanya menambah 2,100 pekerjaan di bulan April meskipun terjadi kenaikan 35.000 di sektor jasa. Penurunan yang tajam terjadi di industri “goods-producing” yang mengoff-set kenaikan di sektor jasa. Employment di manufacturing kehilangan lebih dari 50.000 pekerjaan sejak bulan Desember yang menimbulkan keprihatinan.
8. Prelim UoM Consumer Sentiment AS: Jumat, 21:00. Consumer confidence di AS naik di bulan Mei ke level tertinggi dalam hampir setahun ke 95.8. Sementara para ekonom memperkirakan sedikit kenaikan ke 89.9. Kondisi sekarang membaik dengan banyak rumah tangga melaporkan pendapatan mereka telah bertumbuh belakangan ini. Hal ini bisa menunjukkan adanya pergerakan di belanja berbalik dari tabungan.

http://vibiznews.com/2016/06/07/outlook-kalender-forex-minggu-ini-123/