PT.SolidGoldSemarang~ Sebagian besar saham Asia dibuka menguat, dengan Indeks acuan melanjutkan reli di bulan Oktober, setelah Federal Reserve mengisyaratkan siap untuk menaikkan suku bunga sesegera setelah bulan Desember.

Lebih dari dua saham naik untuk setiap saham yang melemah pada Indeks MSCI Asia Pacific, yang naik kurang dari 0,1% ke level 135,33 pada pukul 09:04 pagi di Tokyo. Indeks melonjak 9,3% pada bulan Oktober sampai dengan hari Rabu, dan berada di jalur untuk bulan terbaiknya sejak Mei 2009, China memangkas suku bunga dan pejabat Eropa mengisyaratkan kesediaan untuk menambahkan stimulus. The Fed mempertahankan biaya pinjaman untuk tidak berubah pada hari Rabu setelah berputar ke arah peningkatan di bulan Desember dan berspekulasi bahwa gain dalam pekerjaan lebih lanjut akan menyebabkan inflasi lebih tinggi dari waktu ke waktu dan memungkinkan bank sentral untuk menutup era belum pernah terjadi sebelumnya dari suku bunga mendekati nol.

Indeks Topix Jepang naik 0,7% setelah yen melemah 0,5% terhadap dolar pada Rabu kemarin. Ekonom terbagi apakah Bank of Japan akan menambah stimulus pada hari Jumat besok.

Indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,1% dan Indeks NZX 50 Selandia Baru naik 0,1%. Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,4%.

Federal Open Market Committee (FOMC) menurunkan referensi untuk risiko global dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari Rabu di Washington. Nada hawkish The Fed ditangkap beberapa investor tidak berhati-hati. Hanya pada bulan lalu pejabat tampak khawatir bahwa perlambatan pertumbuhan di luar negeri dapat menunda kemajuan menuju pencapaian inflasi yang lebih tinggi, yang dipandang oleh pengamat The Fed sebagai peringatan bahwa kenaikan mungkin akan didorong ke tahun 2016.

Kontrak e-mini berjangka pada indeks Standard & Poor 500 tergelincir 0,1%. Indeks yang mendasari naik 1,2% pada hari Rabu ke level tertinggi sejak 18 Agustus setelah perbankan dan perusahaan energi menguat.(frk)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer