PT.SolidGoldSemarang~Bursa saham Asia dibuka turun, dengan saham Jepang siap untuk bergabung dengan China di bear market, karena tumbuhnya kekhawatiran atas kekuatan ekonomi global di tengah berlanjutnya kejatuhan harga minyak.

Indeks MSCI Asia Pacific turun 1,4 persen menjadi 118,45 pada pukul 09:17 pagi di Tokyo, memperpanjang penurunan tahun ini menjadi 10 persen. Jepang Nikkei 225 Stock Average turun 2,8 persen, ditetapkan untuk penurunan 20 persen dari tertingginya di bulan Juni. Indeks S&P/ASX 200 Australia melemah 1 persen, membawa penurunan dari level tertinggi di bulan April menjadi 19 persen. Bear market biasanya didefinisikan dengan penurunan lebih dari 20 persen.

Minyak Brent di bawah $ 30 per barel untuk pertama kalinya dalam 12 tahun karena kekhawatiran pertumbuhan global akan berdampak besar pada ekuitas, obligasi dan mata uang. Investor menunggu perkiraan produk domestik bruto dari China tahun 2015 pada hari Selasa setelah perjuangan untuk meningkatkan ekonomi dan manajer keuangan memperlambat perdebatan berapa kali Federal Reserve akan menaikkan suku bunga dalam tahun ini.

Indeks Shanghai Composite memasuki pasar beruang pekan lalu, untuk kedua kalinya dalam tujuh bulan, menghapus keuntungan dari upaya dukungan negara di tengah kekhawatiran investor yang terus-menerus atas volatilitas. Pengawas pasar saham China telah mengakui kebodohan dan celah dalam sistem peraturan setelah review dari kegaduhan yang telah mengguncang pasar lokal sejak bulan Juni.

Indeks MSCI Asia Pacific telah berada di bear market sejak Agustus, karena ekuitas global anjlok setelah China mendevaluasi yuan. Indeks tersebut diperdagangkan pada level terendah sejak 2012.(frk)

Sumber: Bloomberg
baca Disclaimer