SOLID GOLD BERJANGKA – Dengan segala kelembutan dan sifat feminin yang dimiliki oleh seorang wanita, mampukah mereka menjadi seorang pemimpin? Dunia ini pernah memiliki beberapa wanita yang hebat, seperti Margareth Thatcher. Seorang pemimpin wanita yang mendapat julukan sebagai wanita tangan besi dan merupakan salah satu contoh tokoh yang sukses membuktikan kepemimpinan wanita. Walau memang pada dasarnya konsep kepemimpinan lebih ke arah pria, wanita juga tetap memiliki kesempatan untuk tumbuh menjadi seorang pemimpin, bahkan lebih hebat dari seorang pemimpin pria.

Konsistensi

Kepemimpinan pastinya membutuhkan konsistensi. Kaum hawa, harus lebih bisa mengelola mood yang mereka miliki. Sebab seorang pemimpin dituntut untuk bisa mengambil sebuah keputusan baik dalam keadaan mood ataupun tidak mood. Dan semua keputusan itu yang diambil harus sebijaksana mungkin.

 

Kuat

Karakter lain yang dibutuhkan dari kepemimpinan wanita adalah kuat. Secara alamiah, wanita memang cenderung lebih lemah terhadap tantangan. Dalam kondisi tertentu, seorang lawan atau musuh mampu berbuat apa saja untuk menghancurkan kredibilitas anda. Maka anda harus tetap kuat untuk melawan itu semua. Tidak ada larangan untuk menangis dalam teori kepemimpinan bagi wanita, tetapi, jangan tenggelam dalam hal tersebut, segera sekalah air mata anda, bereskan make-up anda, dan kembalilah bekerja.

 

Berani

Nyaris sama dengan kuat, anda harus menjadi berani. Sebab tidak ada pilihan lain, berani atau hancur dalam ketakutan anda. Seorang pemimpin dalam kepemimpinannya pasti berbuat salah. Namun seperti yang sering anda dengar, dan itu benar adanya, jadikanlah kesalahan tersebut sebagai sebuah peringatan untuk bertindak lebih bijaksana.

 

Kualitas

Anda wanita dan anda memimpin? Kepemimpinan wanita anda membuat banyak orang ingin melihat kesuksesan anda. Giatlah dalam berinovasi dan berimprovisasi. Cari metode-metode penyelesaian yang terbaik dari segala hal yang terjadi dalam organisasi yang anda pimpin. Sehingga, anda menjadi seorang pemimpin yang berkualitas.

Di suatu kantor pada suatu sore, seorang pemimpin keuangan wanita memerintahkan supir container untuk segera pulang, karena besok harus berangkat subuh, padahal kondisi masih bongkar. Supir pun bertanya, siapa yang nanti memarkirkan truk saya. Dan wanita tersebut pun menjawab, “saya”. Ini adalah kisah nyata, terjadi di sebuah perusahaan di Indonesia. Perhatikan, menjadi pemimpin akan memaksa seorang wanita menunjukkan kualitasnya, kapan pun, dan dimana pun, bahkan untuk mengerjakan pekerjaan laki-laki yang bahkan bukan bagian dari tugas pokok dan fungsinya. Dengan cara itu, wanita tersebut menjadi dianggap, dan saya yakin setelah itu semua orang mengangguk hormat kepadanya.

 

Fleksibel

Salah satu keunggulan wanita adalah lebih flexible daripada laki-laki, jauh lebih luwes. Karena itu manfaatkanlah hal tersebut dalam perusahaan atau organisasi yang anda pimpin. Biasanya, dalam berkomunikasi secara psikologis, pria lebih nyaman bertemu dengan wanita, demikian juga wanita tidak ada masalah untuk berbisnis dengan sesama wanita. Itu adalah salah satu alasan mengapa customer service lebih banyak menggunakan jasa wanita. Jadi manfaatkanlah flexibilitas yang anda miliki tersebut untuk memaksimalkan kualitas kepemimpinan wanita yang anda miliki.

Pada dasarnya, ketika anda terpilih ataupun mengajukan diri untuk menjadi seorang pemimpin, anda sudah tidak perduli akan isu gender. Jadi, ketika ada hal yang tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan, janganlah memaklumi diri sendiri dengan mengatakan bahwa “saya seorang wanita, jadi wajar….” Itu akan menghancurkan kredibilitas kepemimpinan anda. Sebab seorang pemimpin pastinya tidak lah memandang jenis kelamin yang anda miliki, namun bagaimana kualitas kepemimpinan wanita yang anda perankan. Baik itu dalam organisasi, perusahaan, atau di bidang yang lainnya. Jika anda pemimpin berlakulah layaknya seorang pemimpin.