PT.SolidGoldSemarang~ Saham-saham perbankan memimpin reli pada Bursa Eropa di sesi penutupan, sekaligus mengantarkan Indeks Stoxx Europe 600 bergerak mendekati rekor.

Saham Banco Santander SA dari Spanyol dan Intesa Sanpaolo SpA dari Itali menguat lebih dari 1.5%, sementara Societe Generale SA dari Perancis naik 2.5%. Deutsche Lufthansa AG anjlok 1.6% setelah Germanwings yang merupakan pesawat berbiaya murah jatuh di wilayah selatan Perancis.

Indeks Stoxx 600 menguat 0.3% ke level 402.49 pada sesi penutupan pedagangan saham di London dengan membalikkan penurunan awal sebesar 0.5% setelah rilis data menunjukkan bahwa aktifitas bisnis Zona Eropa naik melampaui perkiraan sebelumnya. Sementara di Jerman, indeks manufaktur dan industri jasa bulan Maret naik 55.3 dari Februari lalu yang sebesar 53.8 sekaligus menandai pertumbuhan pada bulan ke-23.

Sepanjang tahun 2015 ini Bursa Saham Eropa telah reli sebesar 18%, dengan pada pekan lalu Indeks Stoxx 600 ditutup pada level tertingginya sejak 2000 silam pasca ECB (European Central Bank) memulai program pelonggaran kuantitatif dan meningkatnya spekulasi bahwa Federal Reserve tidak akan terburu-buru dalam menaikkan suku bunga. (bgs)

Sumber : Bloomberg
baca Disclaimer